Home / Gema Sriwijaya / Ajari Siswa Biasakan Konsumsi Obat Tradisional

Ajari Siswa Biasakan Konsumsi Obat Tradisional

Suasana siswa siswi saat terkait obat herbal di sekolah. (Foto-Andi Fatra/Koransn)

Prabumulih, KoranSN

Saat ini bila sakit, mayoritas orang berobat ke tempat kesehatan. Namun tidak yang terjadi bagi pegawai dan siswa di SMP Negeri 6 Kota Prabumulih.

Di sekolah ini jika terdapat siswa yang sakit, langkah alnernatif pertama diambil pihak sekolah guna mengobati siswa yang sakit tersebut menggunakan obat tradisional.

“Jalan pertama yang dilakukan sekolah, yakni memberikan obat-obatan kesehatan tradisonal kepada siswa itu,” ujar Kepala SMPN 6, Fikri SPd MM melalui Humas, MGS Ilham SPd, Kamis (29/3/2018).

Dimana obat-obatan herbal tersebut diambil sendiri di sekolah. Karena sekolah selama ini telah menyiapkan kebun tanaman obat-obatan (Toga).

“Adapun berbagai tanaman Toga yang bisa mengobati penyakit ringan. Seperti untuk melegakan infeksi saluran pernafasan, bisa kita konsumsi kunyit dan jahe,” terangnya.

Ilham menambahkan, walaupun sekolahnya telah mempunyai ruangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), yang tentunya sudah menyiapkan obat-obat kesehatan dari pemerintah.

“Meskipun demikian, obat herbal yang diracik oleh bidah lebih diutamakan,” ungkapnya.

“Dengan tujuan tidak lain, yaitu semata-mata mengajari mereka (siswa) kita lebih gemar mengonsumsi obat herbal ketika mereka sakit saat berada di rumah,” terangnya.

“Kecuali, kalau sakit parah. Barulah berobat di tempat kesehatan bidan atau dokter,” beber pria kelahiran Palembang tersebut.

Sementara itu, Ahmad Zazili S Sos menyebutkan jumlah murid yang mengikuti kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat melalui asuhan mandiri kesehatan tradisional bertempat di sekolah.

“Sebanyak 55 murid, yang merupakan perwakilan dari setiap kelas 7,8 dan 9,” tuturnya.

Lanjutnya, kegiatan semacam ini baru kali pertama dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Prabumulih dan Provinsi Sumsel bekerjasama dengan pihaknya.

“Diharapkan kedepannya kegiatan kami ini nantinya dapat berkelanjutan,” tukasnya. (and)

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

11.133 Siswa SMP dan MTs di Muba Ikuti UNBK

Sekayu, KoranSN Sebanyak 11.133 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsawaniyah (MTs) se Kabupaten ...

error: Content is protected !!