Akibat Banjir, 14 Mobil Terjebak di Sungai Rengit Selama 7 Hari

20161119_171242_resized
BANJIR-Tampak suasana banjir yang terjadi di jalan Tanah Merah Desa Sungai Rengit Murni,Banyuasin.FOTO-SIRYANTO/KORANSN.

Banyuasin,KoranSN
Akibat banjir besar setinggi 50 Cm yang menerjang Jalan Tanah Merah di Desa Sungai Rengit Murni sejak sepekan terakhir, menyebabkan aktifitas warga desa lumpuh total. Hasil pertanian seperti jagung, sawit, karet serta pengiriman kebutuhan air bersih terhambat dampak banjir besar ini.

Kades Sungai Rengit Murni M Syafri membenarkan terjangan banjir yang menutup sepanjang jalan menuju kebun dan sawah petani. “Para petani desa kami yang sedang panen jagung pun terpaksa diangkut menggunakan sepada motor, itupun harus mengeluarkan biaya tambahan karena menyewa ojek,” kata Syafri.

Syafri berharap agar ada kepedulian dari tiga perusahaan perkebunan yang melewati jalan tersebut, apa ditimbun dengan tanah urug.Dikatakan Kades, banjir setinggi 50 Cm sempat surut sampai 30 Cm akan tetapi hujan akan terus bertambah memasuki bulan Desember nanti.

Baca Juga :   Disduk Capil Banyuasin Buka di Hari Libur

Diperkirakan saat ini banjir masih bisa bertahan hingga satu bulan ke depan sementara di sepanjang jalan sudah ada kurang lebih 14 mobil terjebak banjir sudah seminggu.Rata-rata mobil yang terbenam adalah mobil truk dan penyebab lain juga bisa disebabkan oleh jalan berlumpur dan lubang dalam akibat tergerus oleh roda jonder.

Hal senada dikatakan oleh Jarno (33) warga desa Sako Makmur Kecamatan Sembawa, banjir yang menerjang jalan desa Sungai Rengit berdampak pada distribusi bahan makanan dan minuman.”Saya ada usaha isi ulang air minum, persediaan di tangki penampungan hanya cukup satu hari lagi sedangkan mau mesan rasanya sopir tidak sanggup melintasi arah saya,” Ujar Jarno.

Baca Juga :   Panitia Pemilihan Kecamatan Diminta Netral

Jarno menambahkan, selain sulitnya membawa bahan makanan dan minuman, warga disini kesulitan beraktifitas.Selain sulitnya keluar untuk belanja, dampak banjir juga akan mempengaruhi binatang reptil buaya yang bisa terbawa air saat pasang lalu masuk ke saluran depan rumah warga. (sir)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

15 Tahun Mangkrak, Herman Deru Tuntaskan Jembatan Rantau Bayur

Banyuasin, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru akhirnya melanjutkan penyelesaian pembangunan jembatan yang …