Rabu , Februari 20 2019
Home / Editorial / Alam Sedang Tak Ramah, Waspadai Bencana Alam

Alam Sedang Tak Ramah, Waspadai Bencana Alam

Ilustrasi. (foto-net)

KINI memasuki bulan Desember terdengar dalam pemberitaan banyak bencana alam. Ada angin kencang yang meluluhlantakkan rumah, ada banjir bandang yang membuat warga kehilangan tempat tinggal, sampai tingginya ombak laut.

Saat ini hampir semua daerah di Indonesia curah hujannya cukup tinggi, ini harus diwaspadai semua warga. Karena bila setiap hari hujan terus menerus turun, maka banjir besar akan terjadi.

Tak menutup kemungkinan bencana lain yang disebabkan kerusakan akan datang seperti tanah longsor, banjir bandang. Bila bencana alam tersebut sudah jadi, tentu petaka lain akan datang, mulai dari rusaknya permukiman, rumah, rumah ibadah, sekolah dan fasilitas umum lainnya. Tak hanya itu, untuk warga yang daerahnya terkena banjir, sangat rentan terkena penyakit.

Baca Juga :   Banyak Cara Untuk Memberangus Korupsi

Sebenarnya banyak yang bisa dilakukan agar bencana yang disebutkan tersebut tak membuat kendala untuk aktivitas. Kita harus sigap dengan banyak persiapan. Misalnya untuk banjir, sedini mungkin memperbaiki saluran air, menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian untuk jangka panjang, harus dilakukan pola bahwa kita harus bersahabat dengan alam. Hutan jangan dibabat, rawa-rawa jangan ditimbun dan sikap bersahabat lainnya kepada alam. Kepada generasi saat ini harus ditanamkan, hutan dan alam secara menyeluruh adalah hidup kita. Bila hutan dan alam kita rusak, siap-siap bencana akan datang.

Baca Juga :   Jelang Asian Games, Harusnya Sungai Musi Dibersihkan

Tetapi inilah namanya manusia, kita sering terlena dengan keadaan. Tanpa sadar kadang kita tak mengindahkan kalau alam dan hutan harus dipelihara. Karena tuntutan materi dan hidup, alam digerus dan dirambah sampai batas yang harusnya jangan disentuh.

Ketika bencana alam dan banjir datang, baru semuanya tersedak. Ada yang salah dalam pengendalian alam selama ini. Nah, untuk kondisi bencana alam yang sudah terjadi, kepada aparat pemerintah dan pihak terkait, diharapkan untuk terus memantau daerah-daerah yang rawan bencana. Ini untuk mengantisipasi kondisi yang tak mengenakkan. (Agus Harizal Alwie Tjikmat)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Menelusuri Sigi Sambil Membawa Misi Kemanusian

Penulis: Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin MESKI perjalanan dari Sekayu Ibu Kota Kabupaten Musi ...