Alami Gejala Covid-19, Segera Lapor ke Dinas Kesehatan Lubuklinggau

Walikota Lubuklinggau H.SN Prana Putra Sohe didampingi Wakil Walikota, H.Sulaiman Kohar memberikan keterangan kepada wartawan. (foto-rifat/koransn)

Lubuklinggau, KoranSN

Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe meminta kepada masyarakat jika mengalami gejala Covid-19 hendaknya segera melaporkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Jika ada masyarakat yang menunjukkan gejala Covid-19 diharapkan melapor ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Lubuklinggau melalui call center yang telah disebarkan, yakni 0818-0333-5555 dan 0852-6771-3677,” ujarnya usai memimpin apel siaga gabungan dan pelepasan penyemprotan disinfektan serentak se-Indonesia bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, Kodim 0406 MLM, Polres Lubuklinggau, dan Batalyon B Brimob di Lapangan Eks Kompi C Lubuklinggau, Selasa (31/3/2020).

Petugas Dinkes akan berusaha sesegera mungkin untuk membawa yang bersangkutan ke rumah sakit (RS) rujukan Covid-19, yakni RS Siti Aisyah yang saat ini sedang menambah ruang isolasi dan wisma bagi para tenaga kesehatan.

“Dinkes saat ini sedang melengkapi peralatan antisipasi Covid-19 dan di Posko yang kita siapkan nantinya harus disuplai vitamin bagi petugas jaga,” ungkap Nanan sapaan Orang Nomor Satu di Bumi Sebiduk Semare itu saat memberikan keterangan Pers didampingi Wakil Walikota, H Sulaiman Kohar, Ketua DPRD H Rodi Wijaya, Kapolres Lubuklinggau AKBP Mustofa dan Dandim 0406 MLM Letkol Inf Muhammad A’an Setiawan.

Baca Juga :   Pemkab Muba dan Perusahaan Gotong Royong Perbaiki Kerusakan Jalan Lintas Sekayu-PALI

Kepada petugas Posko dihimbau tetap mengedepankan etika, kesehatan, selalu jagak jarak saat melaksanakan tugas. Kemudian terkait adanya masyarakat Kota Lubuklinggau di luar kota dan cendrung banyak pulang kampung (Lubuklinggau), Nanan tidak mempermasalahkannnya.

“Ya, silahkan saja pulang asalkan kondisinya sehat, kalau sakit sebaiknya jangan pulang dahulu hingga sehat,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak mudah mengecap, apalagi seakan memberikan vonis terhadap keluarga yang baru pulang dari luar Kota Lubuklinggau sudah terjangkit virus Covid-19.

“Tidak semua orang terpapar virus Covid-19 ini, mereka di daerah sudah ada yang pandemic, juga banyak yang sehat-sehat saja,” ujarnya.
Sementara itu pada saat memimpin apel siaga gabungan dan pelepasan penyemprotan disinfektan serentak, Nanan mengatakan, penyemprotan serentak sesuai dengan instruksi Kapolri RI melalui Telegram dengan nomor ST/1008/III/KES.7/2020 tertanggal 27 Maret 2020.
Penyemprotan disinfektan ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi agar Kota Lubuklinggau terhindar dari penyebaran virus corona. Adapun disinfektan yang digunakan untuk disemprot sesuai dengan standar antisipasi Covid-19 yang dibuat oleh Kodim 0406 MLM yakni dengan memanfaatkan ekstrak serai wangi, air suling, serta arpus (getah pohon pinus) yang semuanya organik.

Baca Juga :   Perjuangan TNI & Pelajar Nyeberang Sumsel ke Lampung

“Sudah diperiksa oleh BBPOM dan tidak berbahaya bagi manusia. Dan untuk Kota Lubuklinggau kegiatan tersebut mengambil tema Cegah Covid-19 Kita Bisa Bersama, Bersama Kita Bisa, Linggau BISA Indonesia Kuat,” ujarnya. (rif)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bimtek Anakku Sehat Anakku Cerdas Turunkan Angka Stunting

Muara Enim, KoranSN Dalam rangka mempercepat penurunan angka Stunting (Kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.