Home / Kota Musi / Alasan Kenapa Sidik Jari Manusia Bentuknya Unik

Alasan Kenapa Sidik Jari Manusia Bentuknya Unik

Ilustrasi. (foto-net)

Jakarta, KoranSN

Tubuh manusia memang menyimpan banyak misteri. Kita sendiri bahkan tak tahu bahwa ada fakta dan fungsi tersembunyi di setiap bagian tubuh yang kita miliki.

Tahukah kamu mengapa sidik jari kita unik? Dilansir dari laman Reader’s Digest, sidik jari adalah salah satu misteri tubuh manusia yang tak banyak diketahui. Keunikan sidik jari tersebut bahkan membuat saudara kembar sekali pun tak memiliki garis yang sama.

Banyak yang mempertanyakan alasan bentuk dari sidik jari nampak bergelombang di bagian atasnya. Selama bertahun-tahun juga, para peneliti mencari tahu alasan di balik keunikan bentuk sidik jari tersebut.

Awalnya, peneliti percaya bahwa sidik jari dapat membantu manusia mempermudah proses memegang atau mencengkram sesuatu. Tapi ternyata, kehadiran bentuk sidik jari tersebut membuat kulit tidak mudah menempel dengan berbagai objek.

Berbagai teori mendukung penemuan tersebut. Dikatakan salah satu teori, tujuan dari evolusi bentuk sidik jari yang unik ini yakni untuk menjaga jari-jari manusia agar tidak mudah menempelkan objek berbahaya.

Tak hanya itu, menurut teori lainnya, bentuk unik sidik jari tersebut membuat jari dapat dengan mudah merasakan sesuatu yang sensitif. Kendati demikian, alasan-alasan tersebut masih terus dicari tahu oleh para peneliti. (vivanews)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Gubernur Hadiri Haflah Akhirussanah Ponpes Darul Nur Al-Mustofa

Palembang, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri Haflah Akhirussanah IV Pondok Pesantren (Ponpes) Darul ...

error: Content is protected !!