Senin , November 19 2018
Home / Asian Games 2018 / Alex Noerdin Evaluasi Asian Games 2018

Alex Noerdin Evaluasi Asian Games 2018

Gubernur Sumsel Alex Noerdin. (foto-Ferdinand/Koransn.com)

Palembang, KoranSN

Perhelatan Asian Games 2018 sudah berakhir. Meski mendapat sukses besar, namun Gubernur Sumsel Alex Noerdin memberi 2 catatan khusus sebagai bahan evaluasi selama pelaksanaan Asian Games di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Alex menyoroti mudahnya orang luar masuk ke athlete village dan masih banyaknya kendaraan tanpa stiker Asian Games yang masuk dan melintas di komplek JSC selama perhelatan even empat tahunan tersebut digelar.

“Evaluasi sudah saya mulai sejak hari pertama pelaksanaan Asian Games, saya tiap hari buat catatan, dan memang masih banyak yang harus diperbaiki,” kata Alex ditemui di Griya Agung Palembang, Senin (3/9/2018).

“Seperti athlete village, itu seharusnya menjadi daerah paling steril, yang tidak ada kartu tidak bisa masuk, di Jakabaring terlalu longgar, orang bisa masuk ke athlete village bahkan ke dinning hall,” kata Alex.

Alex memberi contoh saat pelaksanaan SEA Games di Viantine, Laos tahun 2009. Saat itu, betapa ketatnya pengamanan untuk masuk ke athlete village, siapapun yang tidak memiliki identitas untuk masuk kesana, dipastikan tidak bisa mengakses.

“Bahkan, pada saat itu ada salah satu pejabat yang tidak ada kartu, dia tidak bisa masuk ke athlete village,” terang Alex.

Selain athlete village, Alex juga melihat masih banyak kendaraan tanpa stiker Asian Games masuk komplek JSC. “Mobil yang masuk JSC itu kan yang ada stikernya, tapi saat pelaksanaan masih ada mobil yang tidak berstiker bisa masuk,” tukas Alex.

Di sisi lain, Alex Noerdin memastikan pasca pelaksanaan Asian Games, komplek JSC tidak akan terbengkalai. Bahkan, di tahun 2019 mendatang, sudah dipastikan akan ada lima kejuaraan dunia, dan satu kejuaraan asia pasifik yang berlangsung di JSC.

Kelima cabang olahraga tersebut, yakni bowling, voli pantai, rowing, climbing (panjat tebing), dan sepak takraw, selain itu ada kejuaraan menembak Asia Pasifik.

Menurut Alex, lima kejuaraan dunia tersebut membutuhkan dana yang besar, pihaknya akan menggaet sponsor untuk membiayai kejuaraan dunia yang akan terselenggara di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) tersebut.

“Ini butuh dana besar, kita akan gaet sponsor. Mudah nyari sponsor kalau kelas dunia, lihatlah Asian Games,” kata Alex.

Alex mengungkapkan, kawasan JSC terus dilakukan pengembangan dalam waktu dekat ini, dalam kawasan JSC akan dibangun gedung multi fungsi yang didalamnya dapat dimanfaatkan untuk fasilitas olahraga tinju, tenis, futsal dan basket ball berkapasitas 8000 penonton.

“Tadinya gedung itu akan dibangun sebelum Asian Games tapi saat itu tidak memungkinkan, sekarang akan kita kejar setelah Asian Games ini, insyaallah akan selesai dalam waktu 1,5 tahun,” pungkasnya. (awj)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Farewell Night Closing Asian Games 2018 di Palembang Bertabur Kemeriahan (FOTO)

Palembang,KoranSN Penutupan Asian Games Farewell Night di Plaza Stadion Jakabaring Sport City dibuka dengan penampilan ...

error: Content is protected !!