Home / Advetorial / Alex Noerdin Paparkan Implementasi Restorasi Lanskap di Panama

Alex Noerdin Paparkan Implementasi Restorasi Lanskap di Panama

Alex Noerdin berbicara secara resmi di forum membahas upaya serta keberhasilan dan tantangan dalam implementasi restorasi kawasan hutan yang kritis di Sumsel. (Foto-Humas Pemprov)
Alex Noerdin berbicara secara resmi di forum membahas upaya serta keberhasilan dan tantangan dalam implementasi restorasi kawasan hutan yang kritis di Sumsel. (Foto-Humas Pemprov)

 

GUBERNUR Sumsel H Alex Noerdin salah satu gubernur yang patut diajungi jempol. Selain prestasi yang mumpuni, beliau juga selalu diundang secara khusus sebagai pembicara, salah satunya menjadi pembicara pada High Level Forum Restorasi Lanskap Dunia The Bonn Challenge Amerika Latin dan Afrika Selatan di Panama, Jumat (26/8).

The Bonn Challenge secara langsung dibuka oleh Wakil Presiden Panama Isabel Saint Malo adalah pertemuan regional tingkat Menteri Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Sumber daya, dihadri Negara Amerika Latin lainya seperti Panama sebagai tuan rumah , Elsavador, Ruanda dan Republik Dominika dan  Negara-Negara Afrika Selatan.

Indonesia sendiri oleh Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin dan Staf Ahli dan Staf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Perubahan Iklim Nadjib Asmani.

Alex Noerdin berbicara secara resmi di forum membahas upaya serta  keberhasilan dan tantangan dalam implementasi restorasi kawasan hutan yang kritis di Sumsel melalui kemitraan pengelolaan lanskap atau ecoregion untuk menuju pembangunan pertumbuhan hijau atau green growth development.

Dalam paparanya Alex menyampaikan, Sumsel hanya dalam waktu sekitar 1,5 tahun telah mampu mewujudkan restorasi lanskap, dimana untuk pertama kalinya pada bulan Maret 2015 tahun lalu Gubernur Sumsel diundang secara khusus sebagai pembicara pada Forum Bonn Challenge di  Kota Bonn Jerman.

Baca Juga :   Bupati Ogan Ilir Serahkan Sertifikat Untuk Masyarakat Kurang Mampu

“Rintisan pertama kali kegiatan pengelolaan lanskap atau ecoregion diawali melalui MOU antara Gubernur Sumsel dengan Badan Pengelola REDD+ pada bulan Agustus 2014, dan secara resmi diluncurkan pada bulan Juli 2015 yang didukung oleh APP sebagai mitra dari private sector dan IDH The Sustanable Trade Initiative sebagai mitra dari donor internasional,” katanya.

Alex Noerdin juga menyampaikan terima kasih kepada IUCN dan Pemerintah Jerman yang telah menunjuk Sumsel sebagai penyelengara High Level Meeting The Bonn Challenge pada bulan Februari 2017 yang akan datang.

Sementara itu, Staf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Perubahan Iklim, Najib Asmani mengatakan masyarakat Sumsel patut berbangga dengan keberadaan Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin pada forum di Panama ini. “Alex Noerdin diminta untuk menyampaikan pembelajaran dari pengalaman atau lesson learn tentang implementasi restorasi lanskap dari Sumsel dalam waktu singkat,” ujarnya.

Dilanjutkannya, tentunya negara-negara mitra global telah memonitor dan memetakan bahwa Alex Noerdin adalah Gubernur yang mempunyai visi, leadership dan terobosan tentang perubahan iklim. Hal ini terbukti bahwa pada bulan akhir Agustus dan September 2016 Gubernur Sumsel diundang sebagai pembicara pada Annual Meeting di Jalisco Mexico, International Conference IUCN di Honolulu Hawai dan Climate Action and Sustainability di New York, dan pada bulan November 2016 diagendakan berbicara pada Europe Energy Forum di Kopenhagen dan Cop 22 di Marakess Maroko. Sebelumnya, pada berbagai forum dunia lainnya Alex Noerdin tampil sebagai pembicara yakni di Forum Pemimpin Dunia Cop 21 Paris Desember 2016 yang di wawancarai khsusus oleh Leonardo de Caprio, serta pada The Oslo REDD Exchange di Norwegia Juni 2016.

Baca Juga :   APBDes Tingkatkan Kesejahteraan Surabaya Timur Banding Agung OKUS

“Dan yang terakhir di Norwegia, Belanda dan Denmark pada Juni 2016 lalu, berkat kepiawaian menyakinkan dan rekam jejak yang teruji, telah membuahkan hasil dimana Jakabaring akan menjadi show case kendaraan hydrogen. Dari NICFI Norwegia dan IDH Belanda membantu penyususan Grand Strategy dan Business Development Plan Green Growth landscape Sumsel yang dikerjakan ICRAF,” tandasnya. (wik/adv)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

Gerak Cepat Dilakukan Bupati Askolani Untuk Bangun dan Melayani Masyarakat Banyuasin

GERAK cepat dilakukan Bupati H Askolani dalam membangun Kabupaten Banyuasin dan melayani masyarakat. Hal ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.