Home / Kesehatan / Amankah Penderita Diabetes Konsumsi Nanas Madu?

Amankah Penderita Diabetes Konsumsi Nanas Madu?

Ilustrasi Buah nanas. (foto-vivanews)

BELAKANGAN buah nanas madu marak dijajakkan para penjual. Meski buahnya lebih kecil dari jenis nanas lainnya, namun nanas madu diyakini memiliki rasa lebih manis.

Karena memiliki rasa yang manis, buah ini belakangan banyak diburu. Namun, untuk penderita diabetes, amankah buah ini dikonsumsi?

Spesialis gizi klinis, DR. dr. Samuel Oetoro MS, SpGK dalam program acara Ayo Hidup Sehat, Rabu (10/7/2019) mengatakan, meski nanas madu mengandung kandungan gula buah atau fruktosa yng tinggi, buah ini tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kendati demikian, harus dipilih tingkat kematangan yang belum begitu masak.

Baca Juga :   8 Mitos dan Fakta Belimbing Wuluh, Turunkan Tensi hingga Diabetes

“Untuk penyandang diabetes, nanas madu aman, tapi jangan yang terlalu manis. Jika sudah terlalu manis, kandungan glukosanya sudah bertambah. Jadi lihat derajat kematangannya. Jika kulitnya kuning mengarah ke oranye, itu sudah matang dan biasanya manis sekali,” katanya.

Ciri nanas yang matang dan manis, kata Samuel, juga bisa diketahui dari wanginya. Jika aromanya wangi sekali, ini bisa dipastikan nanas matang dan memiliki rasa manis.

Dan untuk mereka yang suka nanas, sebenarnya, buah ini aman dikonsumsi tiap hari. Tapi ingat, pilih buah yang jangan terlalu matang.

Baca Juga :   Kabar Baik, Minum Kopi 7 Cangkir per Hari Bikin Panjang Umur

“Karena saat terlalu matang wanginya tajam, glukosanya mulai tinggi. Itu bisa menyebabkan kadar gula darah Anda naik,” ujar Samuel. (viva.co.id)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

BPJS Ingatkan Rumah Sakit Jangan Diskriminatif Terhadap Pasien JKN-KIS

Jakarta, KoranSN Direktur Hukum Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Bayu Wahyudi, Senin (22/7/2019) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.