AMP Pertanyakan Limbah Citimall Prabumulih

Ilustrasi. (foto-net)

Prabumulih, KoranSN

Buntut perekrutan seleksi penerimaan pegawai diduga tanpa izin resmi dari Disnakertrans Kota Prabumulih oleh pihak retail Mr DIY di Citimall kota Prabumulih Sumatera Selatan (Sumsel) beberapa waktu lalu, membuat ratusan massa mengatasnamakan Aspirasi Masyarakat Prabumulih (AMP) bakal menggelar aksi demo.

Tak hanya itu, dalam rencana aksi damai yang akan digelar dalam waktu dekat ini, AMP juga akan mempertanyakan soal Penanganan dan Pengolahan Limbah yang dihasilkan supermarket pertama di kota Prabumulih tersebut sejak berdiri.

Ketua AMP kota Prabumulih, Tono menyampaikan, ada beberapa tuntutan terkait rencana aksi ini diantaranya meminta pihak manajemen Citimall memberikan sanksi tegas terhadap pihak retail Mr DIY terkait seleksi penerimaan pekerja diduga tidak transparan yang diselenggarakan pada Rabu (26/6/2019) lalu.

Lalu tuntutan kedua dijelaskannya, AMP meminta kejelasan aturan terkait pembuangan limbah yang dihasilkan Citimall maupun izin yang dimiliki pihak perusahaan tersebut. Sebab, kata dia sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Nomor 9 tahun 1990 tentang Pokok-pokok Kesehatan, bahwa setiap warga berhak memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Baca Juga :   11.000 PTT Muba Terima THR dan Gaji

“Yang jelas rencana aksi dalam waktu dekat ini akan digelar, namun sebelumnya kami akan menyampaikan surat izin terlebih dahulu ke pihak kepolisian secepatnya,” katanya.

Terkait perekrutan di Citimall Prabumulih itu, Tono juga menyebutkan jika sudah beberapa kali pihak mereka melakukan perekrutan yang dinilai pihak AMP banyak tenaga kerja dari luar kota.

“Ini kan terkesan seenaknya, bagaimana masyarakat mau tau ada penerimaan karyawan jika tidak ada pemberitahuan. Polisi juga tidak diberitahu, bagaimana jika ada keributan. Tuntutan kami jelas, makanya kami akan gelar demo ini. Apalagi soal limbah citimall itu ke mana larinya, kalau membuang ke sungai maka akan menimbulkan masalah baru,” tambahnya.

Sementara menurut Afif, salah satu panitia rekrutmen tenaga kerja Mr DIY Citimall Prabumulih dalam seleksi penerimaan pegawai pihaknya memprioritaskan warga lokal Prabumulih khususnya yang berada di ring 1 Citimall.
“Sudah dibilangin pak Yudi juga bahwa diprioritaskan untuk ring 1 atau orang-orang yang berdekatan dengan Citimall,” jelasnya.

Baca Juga :   Ridho Tinjau Pembelajaran Tatap Muka di Tiga SMP

Pihaknya juga membantah keluhan pelamar terkait proses seleksi tidak dilakukan dengan sistem absensi melainkan sistem tunjuk. “Kita tetap ikuti sesuai absensi, kita tidak asal tunjuk gitu buktinya tadikan sudah rapikan,” ungkapnya.

Terpisah, pihak manajemen Citimall kota Prabumulih, Tengku mengatakan pihak manajemen Citimall pusat juga akan segera memberikan pernyataan secara resmi kepada awak media terkait pemberitaan di beberapa media online maupun cetak soal rekrutmen tenaga kerja Mr DIY Citimall Prabumulih selama ini “nanti secepatnya ada pernyataan langsung dari team pusat,” pungkasnya. (and)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru Disambut Ribuan Muslimat NU

OKUT, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru menghadiri pengajian akbar Muslimat NU di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.