Senin , September 24 2018
Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / Animo Masyarakat Empat Lawang Tanam Jagung Masih Kurang

Animo Masyarakat Empat Lawang Tanam Jagung Masih Kurang

Ilustrasi (Foto-Net)

Empat Lawang, KoranSN

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Empat Lawang, Drs Hamdan mengatakan, tahun 2018 ini pihaknya mentargetkan 1.400 hektar penanaman jagung di seluruh kecamatan.

Dari 10 Kecamatan yang ada di Empat Lawanag, Kecamatan Muara Pinang, Tebing Tinggi, Saling dan Sikap Dalam yang terbanyak, sedangkan di Kecamatan lain juga jumlahnya belum merata.

Menurut Hamdan, penanaman jagung ini termasuk dalam program Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale).

“Penanaman jagung ini masuk dalam Upsus Pajale dengan target kita 7 ton jagung per hektarnya, apabila kondisi cuaca normal,” katanya.

Namun dijelaskannya, dalam penanaman jagung ada hambatan tidaklah serta merta berjalan normal, salah satu adalah kendala musim panas yang saat ini tengah melanda di Kabupaten Empat Lawang, namun pihaknya berharap pencapaian penanaman jagung berjalan sesuai target.

Baca Juga :   Cipta Bibit Berkualitas, Rupit Kejar Juara umum

“Kendala kita adalah musim panas sehingga untuk mencapai target tentu saja akan jadi hambatan, belum lagi hama babi hutan yang saat menjadi hantu bagi petani,” jelasnya.

Memang untuk Kecamatan Muara Pinang terus dilakukan pemburuan hama babi dari Kecamatan tetangga, yang masuk Kabupaten Lahat, sedangkan untuk Kecamatan Muara Pinang, Saling dan Pendopo Barat termasuk yang lain tetap saja jadi hambatan hama babi hutan ini.

“Kalau di Muara Pinang kita tidak begitu khawatir karena disana dekat dengan Kecamatan Jarai karena di Jarai aktif membasmi hama Babi,” imbuhnya.

Baca Juga :   Baru Tiga Hari Tiba di Empat Lawang, Posko Mahasiswa STKIP PGRI Dibobol Maling

Lanjut Hamadan, animo masyarakat dengan penanaman jagung ini masih kurang karena kendala hama babi tadi, namun terus dihimbau kepada masyarakat untuk tidak takut menanam jagung.

“Animo masyarakat masih kurang dengan jagung karena masih dihantui hama babi, namun apabila ada masyarakat ingin menanam jagung bisa kita bantu dengan memberikan bantuan bibit jagung, bahkan tidak perlu takut apabila tidak ada tempat melempar hasil jagung karena sudah ada yang siap menampung,” tambahnya. (foy)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

1.945 Pedagang Direlokasi ke PTM 2

Prabumulih, KoranSN Sebanyak 1.945 pedagang yang biasa berjualan di Jalan M Yamin, Jalan Kelapa dan ...

error: Content is protected !!