Rabu , Januari 23 2019
Home / Pesta Demokrasi / Antisipasi Politik Uang di Bulan Ramadhan

Antisipasi Politik Uang di Bulan Ramadhan

Palembang, KoranSN

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palembang sudah membentuk panitia pengawas lapangan (PPL) untuk mencegah dan mengawasinya terjadi politik uang, terutama menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Anggota Panwaslu Kota Palembang, Darsi Elyanto mengatakan pihaknya terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk berpartisipasi mencegah politik uang.

“Masyarakat harus sadar bahwa yang namanya pelaksanaan demokrasi ini tidak mesti harus dibayar. Masyarakat juga bisa jadi corong informasi untuk melapor kepada panwaslu jika melihat praktik politik uang,” katanya, kemarin.

Pihaknya akan memperketat pengawasan di zona-zona kampanye paslon walikota dan wakil walikota agar pengawasan lebih terfokus.

Baca Juga :   11 PPK di Palembang Klarifikasi SK Penetapan

“Kami akan terus mengawasi zona kampanye yang sudah ditunjuk oleh KPU,” tukasnya.

Sementara itu, hingga kini diakui Darsi, Panwaslu Kota Palembang belum menerima laporan pelanggaran yang mengandung unsur pidana. Beberapa laporan dari masyarakat mayoritas hanya pelanggaran administrasi.

Ia mengatakan, laporan pelanggaran yang masuk di Panwaslu Palembang kebanyakan hanya berupa pelanggaran administrasi, seperti pemasangan iklan di media massa ataupun pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dilakukan tim sukses pasangan calon kepala daerah.

“Kalau pelanggaran seperti itu sudah kita tertibkan, untuk pemasangan iklan itu kita sudah beri teguran kepada medianya dan tim paslonnya. Kita terus tertibkan jika masih ada laporan pelanggaran dari masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :   KPU Umumkan DCS Anggota DPRD Kabupaten Lahat

Diakuinya, hingga saat ini belum ada laporan masyarakat untuk pelanggaran yang mengandung unsur pidana seperti pembagian sembako ataupun politik uang.

“Ada beberapa laporan soal pembagian sembako itu. Namun ketika akan di proses, pelapor tidak bisa memberikan syarat berupa barang bukti, saksi dan syarat material maupun formil dari laporan tersebut. Karena dengan foto saja, kita tidak bisa membuktikan kebenaran dari pelanggaran tersebut sehingga laporan itu tidak kita tindaklanjuti,” pungkas Darsi. (awj)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Minta Asuransi, Warga Pagaralam Ngadu ke Alex Noerdin

Pagaralam, KoranSN Ratusan warga Desa Tebet Baru Ulu Kelurahan Tebet Giri Indah, Jumat (19/1/2019) berbondong-bondong ...