Rabu , Februari 20 2019
Home / Politik dan Pemerintahan / Antisipasi Tongkang Batubara Tabrak Tiang Jembatan, Dewan Sumsel Ingatkan PTBA

Antisipasi Tongkang Batubara Tabrak Tiang Jembatan, Dewan Sumsel Ingatkan PTBA

Anggota DPRD Sumsel Dapil 1 saat reses ke kantor PT BA. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

DPRD Sumsel daerah pemilihan (Dapil) 1 mengingatkan PTBA perihal tonase dan aturan pengangkutan batubara melalui tongkang yang melintasi Sungai Musi, ini berkaitan dengan maraknya peristiwa tertabraknya tiang jembatan oleh tongkang batubara.

Koordinator Dapil Sumsel 1, Anita Noeringhati mengatakan, angkutan batubara yang melintas di Sungai Musi harus mematuhi Peraturan Daerah (Perda) yang ada, terutama masalah tonase dan volume muatan kapal tongkang yang mengangkut batubara.

“Kita tahu, PT BA ini BUMN yang bergerak di bidang batubara, dan mayoritas perusahaan angkutan batubara itu disuplai PT BA. Beberapa kali kita ketahui angkutan batubara yang melalui sungai banyak sekali yang menabrak fasilitas seperti jembatan Ampera. Kita tidak ingin kejadian seperti itu terus terulang,” kata Anita saat memimpin Annggota DPRD Sumsel Dapil 1 reses ke ke kantor PT Bukit Asam (BA) yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan, Senin (24/9/2018).

Baca Juga :   Golkar Sebut Wabup Supriono Cabup 2018

Dikatakannya, pada pertemuan sebelumnya dengan Pelindo, dan KSOP sudah ada rencana perubahan Perda tentang ukuran tongkang yang melewati Sungai Musi. Namun saat ini masih menunggu petunjuk teknis dari dinas terkait.

“Ada beberapa perusahaan yang faktanya seringkali membawa muatan batubara melebihi aturan yang diberlakukan. Hal itulah yang dapat membahayakan seperti kejadian beberapa waktu lalu tongkang menabrak vender Jembatan Ampera, belum lagi dengan muatan yang banyak, batubara sampai menempel di jembatan. Ini tidak kita inginkan, Ampera merupakan ikon dan kebanggaan masyarakat kota Palembang, kalau tidak kita jaga takutnya akan terkena juga dengan jembatan Musi VI dan Musi IV,” beber Politisi Partai Golkar ini.

Baca Juga :   Marwan Mansyur Tegaskan Maju Pilkada 2018

Ia menuturkan, pihaknya mengusulkan agar perusahaan batubara yang melalui jalur sungai musi untuk melakukan penguatan vender jembatan sebagai bentuk tanggung jawab.

“Kami ingin perusahaan batubara itu jangan hanya patuh dengan Undang-undang, tapi juga harus patuh dengan Perda selama masih mengambil sumber daya alam dari Sumsel,” tukasnya.

Sementara itu, General Manager PT Bukit Asam Dermaga Kertapati, Gedri mengatakan pihaknya selalu melakukan pemeriksaan terhadap angkutan batubara yang akan melintas melalui jalur Sungai Musi.

“Kalau kami sudah sesuai aturan, setiap tongkang itu punya ukuran masing-masing. Sesuai aturan, maksimalnya setiap tongkang memuat 7500 ton, jika ada yang melebihi itu berarti menyalahi aturan,” pungkasnya. (awj)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru : Ambil Kebijakan Dalam Membangun, Kita Sepakat akan Merujuk Data yang Disajikan BPS

Palembang, KoranSN Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan membentuk kesamaan persepsi dan pikiran satu data yang ...