Sabtu , Februari 16 2019
Home / Gema Sriwijaya / APK Dirusak, Caleg Partai Gerindra Lapor ke Bawaslu

APK Dirusak, Caleg Partai Gerindra Lapor ke Bawaslu

Ketua Bawaslu Muratara saat menerima laporan dari Caleg Partai Gerindra atas nama Rustam Safari didampingi Wakil Sekjen DPC Partai Gerindra Kabupaten Muratara Rohmatullah di kantor Bawaslu Muratara. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Calon legislatif (Caleg) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Rustam Safari mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Musi Rawas Utara (Muratara), Kamis (7/2/2019).

Ia melaporkan adanya dugaan pengrusakan alat peraga kampanye (APK) miliknya yang berada di Desa Noma Baru Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.

Dengan membawa barang bukti berupa kayu balokan sebagai tiang APK, laporan pengaduan tersebut diterima langsung oleh Ketua Bawaslu Muratara, Munawir didampingi anggotanya Aliasek dan Paulina.

Rustam mengaku, saat memasang baleho sudah meminta izin kepada pemilik rumah dengan cara baik-baik dan sudah beberapa hari posisi baleho tersebut masih aman-aman saja.

“Permasalahan ini saya serahkan kepada Bawaslu untuk ditindak lanjuti, siapa yang merusak baleho tersebut dan apa motifnya semuanya saya serahkan kepada Bawaslu untuk menindaknya lebih dalam lagi,” kata Rustam.

Baca Juga :   Pemkab Muba Mantapkan Persiapan Launching Call Center 112

Rustam juga mengaku melaporkan dugaan pengrusakan APK ini ke partai yang menaunginya, yakni Partai Gerindra.

“Karna saya sebagai peserta pemilu dan juga diusung oleh partai politik, maka masalah ini saya serahkan kepada partai politik yang mengusung saya. Apapun hasilnya nanti, saya akan mengikuti instruksi dari partai politik yang mengusung saya,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Sekjen DPC Partai Gerindra Kabupaten Muratara, Rohmatullah mengatakan sebagai partai politik pengusung pemilu, Partai Gerindra menyampaikan laporan kepada Bawaslu untuk menindak lanjuti adanya dugaan pengrusakan APK Caleg dari Partai Gerindra di beberapa tempat.

“Ada empat APK caleg dari partai Gerindra yang dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dua APK di Desa Noman Baru Kecamatan Rupit atas nama Rustam Safari dan dua APK di desa Rantau Kadam Kecamatan Karang Dapo atas nama Efriansyah dan Haromain,” terangnya.

Menurutnya, Partai Gerindra adalah parpol yang menjaga etika politik yang baik dan damai di Kabupaten Muratara, jadi hal sekecil apapun pelanggaran terhadap partai peserta pemilu agar segera ditindak lanjuti, baik manyangkut APK dan sebagainya, pihaknya harus menyampaikan kepada pihak yang berwajib termasuk ke Bawaslu.

Baca Juga :   Manfaatkan Limbah Sekam Padi Jadi Asap Cair

“Karena negara ini adalah negara hukum, maka kita harus mematuhi aturan yang ada. Kami mewakili dari ketua DPC Partai Gerindra memberikan laporan ke Bawaslu bahwa barusan kami menemukan APK kami dirobek di Desa Rantau Kadam Kecamatan Karang Dapo,” ujarnya.

Ia berharap kedepan, kejadian ini agar tidak terjadi lagi dengan Partai Gerindra maupun partai-partai lainnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara, Munawir mengaku pihaknya sudah menerima laporan pengaduan atas dugaan pengrusakan APK dari salah satu Caleg.

“Kita sudah menerima laporan pengaduan atas dugaan pengrusakan APK dari Caleg Partai Gerindra atas nama Rustam Safari,” kata Munawir.

Lanjut Munawir, pengaduan dari saudara Rustam belum bisa di registrasi, karena syaratnya masih kurang, yaitu keterangan dari saksi.

“Insya Allah besok (8/2/2019) akan kita panggil saksinya dan meminta keterangan dari saksi tersebut,” pungkasnya. (snd)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pisau dan Golok Corak Batik Duren Lubuklinggau Tembus Pasar Nasional

Lubuklinggau, KoranSN Kerajinan pisau dan golok dengan corak batik motif duren khas Lubuklinggau tembus pasar ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.