Senin , Desember 10 2018
Home / Kota Musi / Aplikasi Taksi Online Akan Dipasang Tombol Panic Botton

Aplikasi Taksi Online Akan Dipasang Tombol Panic Botton

Budi karya sumadi. (foto-humas pemprov)

Palembang, KoranSN

Pemerintah menunjukkan keseriusannya dalam menjaga keamanan penumpang dan pengemudi taksi online (Taksol), dengan meminta operator Taksol meningkatkan keamanan dan rekrutmen pengemudi taksi online, termasuk memberikan pelayanan tombol panic botton pada aplikasi online.

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, dirinya sudah meminta operator taksi online untuk meningkatkan keamanan dan proses seleksi pengemudi taksi online.

“Sejak lama saya sudah katakan proses rekrutmen harus baik, dan harus mempunyai kualifikasi, tidak boleh sembarangan merekrut, karena dia akan melayani orang banyak,” ungkapnya ditemui saat menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 Tahun 2018, di Taman Nasional Kerajaan Sriwijaya (TNKS), Sabtu (17/11/2018).

Baca Juga :   PDIP Sumsel Sembelih 9 Sapi Kurban

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menambahkan, Peraturan Menteri (PM) Perhubungan terkait taksi online sudah selesai dilakukan, bahkan sudah diuji publik di enam kota besar di Indonesia, yakni Surabaya, Bandung, Medan, Jakarta, Jogjakarta, dan Makassar.

“Permintaan Pak Menteri (Menhub), November ini sudah selesai dan Desember (PM) sudah berjalan,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam PM tersebut dilampirkan juga standar pelayanan minimal (SPM), yang didalamnya mengatur soal keselamatan penumpang maupun pengemudi.

“Orientasi kita untuk keselamatan, dalam hal ini perlindungan dari kecelaklaan lalu lintas, baik pengemudi maupun penumpang. Aspek keselamatan ini, dimulai dari perbaikan rekrutmen oleh aplikator, kemudian didalam aplikasi akan ada tombol panic botton, jadi misalnya pengemudi terancam oleh penumpang, kemudian dia bisa menekan tombol panic botton. Untuk koneksinya, akan diatur lagi menyambung kemana, apakah kepolisian atau kemana,” beber Budi Setiyadi.

Baca Juga :   Duo Yudha Sepakat Maju Bersama

Ia menjelaskan, tombol panic botton ini ada di aplikasi, jadi sebelum naik, penumpang bisa langsung menghubungkan akunnya ke tiga orang terdekat, misalnya ke pihak keluarga.

“Tombol panic botton ini untuk pengemudi maupun penumpang,” ujarnya.

Secara menyeluruh kata Budi, didalam standar pelayanan minimal yang akan diatur dalam peraturan menteri nantinya, diatur soal keselamatan, keamanan dan kenyamanan. “Jadi, mobil juga harus bersih, jangan bau rokok dan sebagainya, itu ada di SPM saya,” kata Budi. (awj)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Wawako Komitmen Jaga Kebersihan Sungai

Palembang, KoranSN 3 hari memonitor Sungai Kedukan, Wakil Walikota (Wawako) Fitrianti Agustinda tetap komitmen dalam ...

error: Content is protected !!