Arab Saudi Coret Iran dari Pertemuan OIC di Jeddah



Delegasi dari gerakan Houthi, yang bersekutu dengan Iran, serta pemerintah Yaman, yang didukung Arab Saudi, bertemu di Amman, Jordania pada 17 Januari, 2019, untuk merundingkan pertukaran tahanan. (foto-antaranews)

Dubai, KoranSN

Arab Saudi mencoret delegasi Iran dari pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OIC) di Jeddah pada Senin, di mana rencana Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal perdamaian Timur Tengah akan dibahas, kata Kementerian Luar Negeri Iran.

Otoritas Arab Saudi tidak mengeluarkan visa bagi partisipan Iran, demikian juru bicara kementerian Abbas Mousavi.

Baca Juga :   WHO Umumkan Merebaknya Virus Corona Sebagai Darurat Internasional

“Pemerintah Arab Saudi menghalangi partisipasi delegasi Iran dalam pertemuan, yang bertujuan untuk membahas rencana “kesepakatan abad ini” di kantor pusat Organisasi Kerja Sama Islam,” kata Mousavi, seperti dikutip Kantor Berita Fars.

Mousavi menyebutkan Iran mengajukan keberatan kepada OIC dan menuding Arab Saudi menyalahgunakan posisinya sebagai tuan rumah kantor pusat organisasi tersebut. Tidak ada komentar langsung dari pejabat Arab Saudi terkait hal itu.

Pejabat Iran mengecam rencana Trump untuk mengakhiri konflik antara Israel dan Palestina setelah resmi diumumkan pekan lalu. Menurutnya, rencana itu bukan suatu permulaan. Para pemimpin Palestina menolak rencana tersebut. Pihaknya berpendapat rencana tersebut sangat menguntungkan Israel dan Palestina akan menolak mereka sebagai negara yang layak merdeka.

Baca Juga :   WHO Selidiki Potensi Klaster COVID-19 di Kalangan Stafnya

Arab Saudi dan Iran terjebak dalam perang proksi saat keduanya bersaing untuk menyebarkan pengaruhnya di Timur Tengah. Mereka mendukung pihak yang berlawanan dalam konflik di Suriah dan Yaman. (antara/ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Jamaah Laksanakan Tarawih di Masjidil Haram Dengan Protokol Kesehatan

Mekah, KoranSN Dalam spiritualitas yang tinggi dan suasana penuh keyakinan, jamaah melaksanakan shalat Tarawih pertama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.