Sabtu , Januari 19 2019
Home / Pesta Demokrasi / Arief Budiman Pesan Komisioner Jaga Soliditas

Arief Budiman Pesan Komisioner Jaga Soliditas

Persatuan Jaksa Indonesia
Anggota Komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Sumsel masa jabatan 2019-2024 saat diambil sumpah. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman berpesan untuk 80 komisioner dari 16 KPU kabupaten/kota se-Sumsel untuk terus menjaga soliditas antar anggota. Hal ini diperlukan agar penyelenggara pemilu tidak mudah dipecah dari luar.

Demikian diungkapkan Arief Budiman saat melantik 80 komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Sumsel, Senin (7/1/2019) pagi, di Hotel Horison Ultima Palembang.

Selain menjaga soliditas, Arief juga berpesan komisioner KPU yang baru dilantik untuk bekerja transparan, dan penuh integritas.

“Pesan saya setidaknya ada tiga hal, yang pertama, mereka (komisioner) harus kerja trasnparan, karena pemilu itu menyangkut kepercayaan publik, kemudian kedua bekerja dengan penuh integritas dan ketiga bekerja dengan penuh soliditas, karena biasanya lemahnya KPU itu bukan karena orang lain, tapi karena didalamnya tidak solid,” ungkap Arief.

Baca Juga :   Massa Desak DPRD Lahat Bentuk Pansus Usut Dugaan Money Politic Pilkada Lahat

Menurut Arief, tugas komisioner KPU pada pemilu tahun 2019 ini lebih berat dibanding pemilu-pemilu sebelumnya.

“Ada amanah yang cukup besar, karena Pileg dan Pilpres 2019 ini sangat penting, berbeda seperti pemilu sebelumnya. Apalagi untuk komisioner yang baru dilantik cuma punya waktu sedikit karena sudah masuk ke tahapan penting dan strategis,” kata Arief.

Namun demikian, ia berharap komisioner KPU yang baru dilantik dapat segera menyesuaikan diri dengan melanjutkan tahapan Pileg dan Pilpres yang sudah berjalan.

“Di antara komisioner ini pasti sudah punya pengalaman masing-masing baik di tingkat kabupaten kota, tingkat TPS dan ada juga yang sudah mengamati pemilu dari luar,” katanya.

“Banyak sejarah penting tercatat di Pileg dan Pilpres 2019 ini, karena melibatkan anggaran paling besar, mencatat jumlah TPS paling banyak dan jumlah personil paling banyak juga. Oleh karena itu, seluruh komisioner harus solid untuk mensukseskan Pemilu 2019,” pungkasnya.

Baca Juga :   Unggul Quick Count, JM-YUS Himbau Pendukung Tak Bereuforia

Sementara itu, Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan, dari 17 kabupaten/kota yang ditetapkan, khusus untuk calon komisioner KPU Kabupaten Lahat tidak mengikuti pelantikan, dikarenakan akhir masa jabatan anggota KPUnya adalah tanggal 13 Januari 2019. Sehingga, pelantikan anggota KPU Kabupaten Lahat akan dilakukan di Jakarta bersamaan dengan KPU kabupaten lain di Indonesia pada tanggal yang ditentukan kemudian.

“Jika sampai tanggal 13 Januari anggota KPU Kabupaten Lahat belum dilantik, maka tugas dan tanggung jawab pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu akan di ambil alih oleh KPU Propinsi Sumatera Selatan,” kata Kelly. (awj)

Hotel Grand Inna Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dana Desa Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Palembang, KoranSN Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Tohir mengungkapkan dana desa (DD) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.