Arus Mudik Perairan di Pelabuhan Bombaru Meningkat 2,55 Persen

2
Suasana arus balik penumpang di pelabuhan Bombaru Palembang, Senin (13/7). (Foto/ Ferdinand)

Palembang, SN

Menjelang hari raya Idul Fitri 1436 H, arus mudik perairan di Pelabuhan Boom Baru meningkat 2,55 persen dari hari sebelumnya.

“Peningkatan yang cukup signifikan ini baru terjadi hari ini (kemarin, red), sedangkan hari sebelumnya masih dinilai sewajarnya,” kata Advisor humas, pemasaran dan pelayanan pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang, Fransiska Riana S, Senin (13/7).

Lonjakan penumpang ini sendiri, sambung Siska, dikarenakan kedatangan penumpang dari Bangka ke Palembang yang mencapai sekitar 500 orang. Sedangkan untuk keberangkatan dari Palembang menuju Bangka hanya sekitar 145 orang. “Untuk lonjakan keberangkatan akan terjadi ketika usai hari raya atau mulai dari H+3,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk tahun ini lonjakan yang terjadi sedikit menurun sekitar 0,4 persen dibandingkan tahun lalu menjelang lebaran. Hal tersebut dikarenakan banyaknya akses mempermudah masyarakat untuk mudik seperti tersedianya tiket yang murah untuk pesawat dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Dijebloskan KPK di Rutan Pakjo, Keluarga Dua Tersangka Suap Muba Ancam Wartawan

“Ditambah lagi saat ini sudah ada Pelabuhan di Tanjung Api-Api (TAA) yang lebih cepat waktu penyembrangannya,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Siska, total kapal yang ada di Pelabuhan Boom Baru ada 4 kapal, yakni 2 kapal Express Bahari dan 2 kapal Sumber Bangka, semua kapal tersebut melayani rute Bangka menuju Palembang dan sebaliknya. Ia juga menambahkan, selama hari raya Idul Fitri, operasional Pelabuhan Boom Baru akan tetap seperti biasa tidak ada hari libur dan lain sebagainya.

“Sesuai dengan komitmen dan janji PT Pelindo bahwa kami akan tetap memberikan pelayanan tiada henti kepada para penumpang, jadi tidak ada kata libur,” ucap Siska.

Baca Juga :   SMAN 6 Jadi Juara Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Terkait banyaknya pelanggaran yang terjadi pada angkutan perairan, seperti banyaknya kapal yang membawa muatan berlebihan, Dirinya menambahkan, hal tersebut bukan kebijakan PT Pelindo. “Kalau masalah pelanggaran bukan domain kami,” pungkasnya. (wik)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Otak dan Eksekutor Mayat Dicor di TPU Kandang Kawat Divonis Penjara Seumur Hidup

Palembang, KoranSN Dua terdakawa kasus pembunuhan korban Apriyanita (50), yang mayatnya dicor pelaku di kawasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.