Home / Editorial / Asian Games, Suksesnya Untuk Siapa?

Asian Games, Suksesnya Untuk Siapa?

Ilustrasi. (foto-net)

TAHUN 2018 mendatang, menjadi tahun tersibuk bagi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Sebagaimana kita ketahui, selain akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sumsel, tahun 2018 nanti Sumsel akan menjadi tuan rumah penyelenggara pesta olahraga se-Asia, yaitu Asian Games 2018.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah ASIAN Games 2018, dimana dua kota terpilih menjadi tempat penyelenggaraannya yaitu Jakarta dan Palembang.

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai Asian Games, penulis mengajak flasback terlebih dahulu pada tahun 2011 dimana Sumsel menjadi tuan rumah penyelenggara SEA Games, pesta olahraga se-Asia Tenggara.

Dari hasil tersebut, banyak perubahan terjadi bagi Palembang terutama di infrastruktur. Adanya wisma atlet, kemudian stadion utama Gelora Sriwijaya yang makin megah dan cantik, beberapa venue olahraga yang berstandar internasional. Dan pada tahun itu pula, semakin banyak investor yakin untuk menanamkan modalnya ke Sumatera Selatan.

Lantas, pada saat itu Sumsel menargetkan tiga sukses, yaitu sukses prestasi, Sukses pelaksanaan, dan sukses ekonomi kerakyatan.

Maka, bagaimana dengan Asian Gamse 2018 nanti. Penulis setidaknya kembali memprediksi akan ada tiga sukses dari gelaran pesta olahraga se-Asia tersebut di Bumi Sriwijaya. Hanya saja, jangkauan sukses tersebut saat ini sudah mulai terasa, yaitu sukses ekonomi kerakyatan dan pembangunan.

Kita ketahui bersama, efek akan menyelenggarakan Asian Games terasa sudah sejak sekarang, yakni pembangunan jalan tol, pembangunan Light Right Transit (LRT), pembangunan beberapa flyover dan lainnya. Tentu pembangunan itu ditujukan untuk menghadapi AsianGames 2018 mendatang.

Lantas, apakah warga di daerah Sumsel sudah merasakan manfaat dari Asian Games. Berdasarkan asas pemerataan pembangunan, hal itu tentu sangat diharapkan bagi masyarakat yang jauh berada dari kota Palembang. Sehingga efek dari Asian Games akan terasa juga bagi masyarakat di daerah.

Tentu masyarakat tidak ingin Asian Games hanya menjadi ajang gengsi-gengsian kepala daerah. Karena pada dasarnya, masyarakat Sumsel juga ingin merasakan kemanfaatan Asian Games. (M Anasrul Dwi Novriansyah)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Sulitnya Menata Kawasan Lorong Basah Pasar 16 Ilir

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Palembang saat ini sangat gencar melakukan perbaikan baik infrastruktur maupun memanfaatkan kemajuan ...

error: Content is protected !!