Home / Gema Sriwijaya / Asisten II Buka Pelatihan Etika Pelayanan Publik

Asisten II Buka Pelatihan Etika Pelayanan Publik

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Amrullah Jamaluddin, SE membuka Pelatihan Etika Pelayanan Publik. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Amrullah Jamaluddin, SE membuka Pelatihan Etika Pelayanan Publik Kegiatan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pelayanan Perizinan, bertempat di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Kamis (15/11/2018) sekitar pukul 10.00 wib.

Asisten II mengatakan, pelatihan Etika Pelayanan bagi Aparatur Pelayanan bertujuan untuk mengoptimalisasi sikap dan semangat pelayanan terhadap publik yang berorientasi pada kepentingan masyarakat serta mewujudkan birokrasi yang mengedepankan etika.

Selain itu lanjutnya, sebagai pedoman untuk pembenahan dan juga peningkatan kualitas dari aparat birokrasi sebagai ujung tombak pelaksanaan pembangunan daerah terutama dalam memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat.

Masih dikatakan Asisten II, peningkatan pelayanan dalam institusi pemerintahan wajib dilakukan berdasarkan Undang-Undang nomor 96 tahun 2012 tentang pelaksanaan Undang-undang nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Mengharuskan pelayanan yang berkualitas, profesional, efektif, efesien, serderhana, transparan, terbuka, tepat waktu, responsif dalam rangka merespon dinamika perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah menuju tata kelola pemerintahan yang baik,”ulasnya.

Baca Juga :   Herman Deru: Ponpes Wadah Cetak Generasi Cerdas dan Bermoral

Menurut Asisten II, upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam hal perbaikan pelayanan kepada publik, seperti : penyediaan fasilitas pelayanan publik sesuai dengan standar pelayanan, tidak diskriminatif, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta peningkatan aparatur pelayanan yang profesional, kompeten dan beretika sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP).

“Seluruh aparatur pemerintahan, khususnya yang berada pada unit-unit pelayanan seperti di kecamatan dan OPD, perlu memiliki komitmen pelayanan terbaik terhadap publik baik perizinan dan non perizinan yang kuat dengan memacu diri meningkatkan kualitas pelayanan dan memiliki semangat serta tanggungjawab yang tinggi terhadap pekerjaan dan negara sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,”terangnya.

Diakuinya, kepribadian positif di bagian pelayanan akan memastikan masyarakat mendapatkan sopan-santun layanan, yang mendorong terciptanya layanan berkualitas dengan kredibilitas yang selalu dipercaya dengan tujuan terciptanya pelayanan prima dengan pola one stop service.

Baca Juga :   Walikota Lubuklinggau Paparkan Implementasi Sakip 2018

“Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk meningkatkan kualitas dan menjamin Penyediaan Pelayanan Publik sesuai dengan asas-asas umum Pemerintahan serta untuk menciptakan Etika Pelayanan Publik dibidang pengembangan administrasi Pelayanan Publik, maka pada hari ini dilaksanakan Pelatihan Etika Pelayanan Publik Kegiatan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pelayanan Perizinan Kabupaten Muara Enim.

Kepada para peserta diharapkan dapat mengikuti Pelatihan ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keahlian dan ketrampilan dalam melaksanakan tugas pelayanan secara profesional dengan dilandasi kepribadian yang ber-etika sesuai dengan pelayanan yang memenuhi standar kualitas pelayanan prima serta sebagai upaya untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan dunia usaha atas pelayanan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan public,”ungkapnya. (yud)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dinsos Muba Sebar Alat Bantu Penyandang Disabilitas

Sekayu, KoranSN Perhatian terhadap penyandang disabilitas di Kabupaten Musi Banyuasin terus digencarkan. Kali ini Bupati …