Askolani Terima Penghargaan Dharma Bhakti Gerakan Pramuka



Bupati Banyuasin H Askolani SH MH foto bersama usai Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 59 Tingkat Daerah Provinsi Sumsel di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel. (Foto-Humas Pemkab Banyuasin)

Palembang, KoranSN

Bupati Banyuasin H Askolani SH MH yang juga sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Banyuasin menerima Penghargaan Dharma Bhakti Gerakan Pramuka dari Kwarnas Gerakan Pramuka pada HUT Pramuka ke 59 tahun 2020 ini.

Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi, perhatian dan komitmen orang nomor satu di bumi sedulang setudung Kabupaten Banyuasin tersebut terhadap gerakan pramuka di Kabupaten Banyuasin.

Penghargaan yang biasa diserahkan Presiden, namun karena kondisi covid 19 ini, maka kali ini penghargaan diserahkan oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sumsel dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 59 Tingkat Daerah Provinsi Sumsel di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Rabu (19/8/2020).

Seperti diketahui, Bupati Askolani pada tahun 2019 lalu telah menerima penghargaan Panca Warsa III.

Peringatan Hari Pramuka ke 59 tahun 2020 ini mengambil tema Peran Gerakan Pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana covid 19 dan bela negara. Juga dilakukan Launching lagu dan hymne bhakti saka nasional ciptaan Asmirihadi dan pemotongan tumpeng oleh Gubernur HD.

Hadir dalam upacara peringatan hari Pramuka ini, Wakil Ketua Mabida gerakan pramuka Sumsel Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda Sumsel, Ketua Kwarda Mukti Sulaiman.

Dari Kabupaten Banyuasin, hadir Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Banyuasin HM Senen Har, Sekretaris Latip, Nasutman, Alpian Sholeh, Andi Maulana, Hj Martini dan pengurus lainnya.

Yang membacakan, pengucapan Undang Undang Dasar 1945 dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke 59 Rintan Wirnanti, kelas 11 MAN 1 Banyuasin dan pengucapan Dasa Darma Sandra Putra kelas 9 dari SMPN 1 Betung.

Baca Juga :   Wabup Banyuasin Pimpin Upacara Operasi Ketupat 2019

“Terima Kasih kepada Kwarnas yang telah memberikan penghargaan Dharma Bhakti Gerakan Pramuka. Penghargaan ini saya dedikasikan kepada masyarakat Kabupaten Banyuasin khususnya pengurus dan anggota Pramuka Kabupaten Banyuasin dari Kwarcab sampai gugus depan,” kata Bupati H Askolani.

Penghargaan ini terangnya menjadi motivasi untuk terus mendorong dan memajukan gerakan Pramuka Kabupaten Banyuasin.

“Sebagai Kamabicab dan Bupati, saya sangat suport Gerakan Pramuka Banyuasin sesuai kewenangan. Karena Gerakan Pramuka memiliki nilai manfaat yang sangat besar dalam menumbuhkan semangat solidaritas, semangat nasionalisme dan semangat sosial kemasyarakat. Melalui gerakan pramuka inilah karakter anak bangsa ini dibentuk,” jelasnya.

Dengan Gerakan Pramuka ini terangnya, pemerintah sangat terbantu dalam melakukan edukasi dan pemahaman jati diri bangsa ini kepada masyarakat. Dan dalam pelaksanaan visi misi Banyuasin Bangkit Adil Sejahtera ini ada adil besar dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Banyuasin terutama dalam mensuport program Banyuasin Cerdas dan Banyuasin Religius.

“Gerakan Pramuka ini sudah sangat mengakar sampai ketingkat gugus depan, artinya memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan bangsa yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945 ini, yang dibalut dengan semangat bhineka tunggal ika dan ditingkat lokal Kabupaten Banyuasin, Pramuka sudah membantu kami dalam mensuport pelaksanaan program Banyuasin Cerdas dan Banyuasin Religius yang menjadi bagian dari cita-cita besar kami dalam mewujudkan Banyuasin Bangkit Adil Sejahtera,” katanya.

Pada tahun 2021 lanjut Bupati Askolani, pihaknya merencanakan untuk membangun lokasi perkemahan pramuka di hutan Kemampo Kelurahan Kayuarakuning Kecamatan Banyuasin III agar lebih modern dan representatif.

Baca Juga :   Adat Timbang Kepala Kerbau Warnai Ngundu Mantu H Askolani dan dr Sri Fitri Yanti

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengucapkan Selamat dan apresiasi kepada Bupati Askolani dan penerima penghargaan lainnya. Penghargaan Ini kiranya menjadi motivasi bagi kita semua untuk ikut berperan dalam mendukung gerakan pramuka di wilayah masing-masing.

Menurut Gubernur, peringatan hari pramuka ini momentum meningkatkan peran gerakan pramuka. Pramuka harus jadi garda terdepan dalam menjaga ideologi bangsa.

“Tema Peran gerakan pramuka ikut membantu dalam penanggulangan covid 19 dan bela negara sebagai tema sangat tepat. Mendidik, tertib menjaga kebersihan, masker dan patuhi protokol kesehatan.Dan Pramuka ikut membuat dan membagikan sanitizer dan makanan gratis kepada masyarakat,” katanya.

Sumsel terang Gubernur akan menjadi Tuan rumah perkemanahan pramuka bhakti saka tingkat nasional 2022. Sebagai bentuk dukungan, Pemprov menyiapkan lahan seluas 5 hektar di Gandus

“Pramuka berperan dalam mencetak kader bangsa yang akan datang,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Mukti Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel dan Kepala daerah yang telah membantu kegiatan gerakan pramuka.

“Bupati Banyuasin H Askolani salah satu penerima penghargaan karena dinilai memiliki perhatian lebih dalam mendukung kegiatan pramuka,” katanya.

Pemprov Sumsel, telah membantu Pendanaan maupun pembangunn fisik. Setidaknya ada11 pembangunan fisik yang dibangun di gudep gandus dalam persiapan perkemahan saka bhayangkara tingkat nasional tahun 2022 mendatang.

“Banyak kegiatan yang dilakukan, dalam bulan bhakti pramuka seperti ziara ke Makam Pahlawan, Silaturahmi dengan tokoh pramuka. Dan Bulan Bhakti diikuti 17 cabang se Sumsel dengan membagikan Masker, Sembako dan lainnya dalam membantu penanganan Covid-19,” katanya. (sir/rl)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Tinjau Hasil Pembangunan, Bupati Askolani Safari Ramadhan di 21 Kecamatan

Pangkalan Balai, KoranSN Bupati Banyuasin, H Askolani dan Wakil Bupati H Slamet beserta unsur FKPD …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.