Selasa , September 25 2018
Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / ASN Banyuasin Diminta Netral

ASN Banyuasin Diminta Netral

Ketua Bawaslu Sumsel sosialisaso tahapan kampanye di Kabupaten Banyuasin. (foto-sir yanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumsel meminta ASN di Banyuasin bersikap netral dan tidak berafiliasi dengan salah satu kandidat Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sumsel yang juga Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Junaidi, ditemui usai sosialisasi pengawasan partisipatif dan tahapan kampanye stakeholder pada Pilkada di alun-alun Kota Pangkalan Balai, Senin (12/3/2018).

“Kami banyak terima laporan kalau ASN di Kabupaten Banyuasin tidak netral karena diduga melakukan keberpihakan dengan kandidat Paslon,” kata Junaidi.

Baca Juga :   Tim Elang Ringkus Bandit Jalan Raya

Dikatakannya, laporan tersebut menjadi perhatian Bawaslu Sumsel, bahkan Panwaslu Banyuasin mendapat peringatan tertulis karena banyaknya laporan pelanggaran ASN yang masuk.

“Panwaslu Banyuasin dapat pembinaan dan diberikan peringatan tertulis karena banyak laporan masyarakat, LSM dan media massa, terkait laporan ASN,” tegasnya.

Untuk pelanggaran APK, dikatakan Junaidi, sejauh ini masih dipegang Kota Palembang. Padahal, pihaknya telah melakukan penertiban APK belum lama ini, namun oleh Paslon dipasang baru lagi.

“Kami tidak akan berhenti melakukan penertiban APK tersebut, hingga pada hari H pencoblosan Pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018 nanti,” ujarnya.

Baca Juga :   Petani Harus Bertaruh dengan Maut

Sementara Kepala KesbangPol dan BPBD Banyuasin Indra Hadi mengatakan, Pemkab Banyuasin telah memberikan edaran dan mengingatkan setiap kegiatan Pemkab Banyuasin tentang pelaksanaan netralitas bagi ASN pada penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018, Pileg dan Pilpres tahun 2019.

“PNS dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis/berafiliasi dengan partai politik. Apabila terbukti pelanggaran tersebut bisa dikenakan sanksi moral maupun sanksi administrasi hingga pemecatan,” tegasnya. (sir)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Polres Prabumulih Ajak Sukseskan Pemilu 2019 dan Jauhi Narkoba

Prabumulih KoranSN Ajakan dan himbauan menyukseskan Pemilihan Umum Pemilihan Presiden (Pilpres) pada April 2019 kini ...

error: Content is protected !!