Home / Politik dan Pemerintahan / ASN Jangan Terima Hadiah, Saut: Kalau Diberi Tolak

ASN Jangan Terima Hadiah, Saut: Kalau Diberi Tolak

Sukseskan MXGP Indonesia di Palembang, Indonesia

Syukuran Hari Jadi Kota Palembang ke 1336 Tahun

Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Saut Situmorang. (foto-humas pemprov)

Palembang, KoranSN

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau penyelenggara negara lainnya, untuk tidak menerima hadiah dalam bentuk apapun, termasuk parsel lebaran.

“Jadi, kita minta kepada semua ASN kalau dikasih ya tolak saja, karena pertama dia ngasih parsel, lama-lama dia ngasih yang lain,” kata Saut di Palembang, Kamis (23/5/2019).

Ia mengatakan, merujuk kejadian di Jakarta, banyak pejabat negara yang mengembalikan barang hadiah kepada KPK, kedepan ia mengimbau, agar penyelenggara negara sebaiknya menolak pemberian tersebut.

Baca Juga :   2017, STP Sumsel Ditarget Selesai Dibangun

“Sebaiknya kalau ada yang memberi kita tolak, karena di Jakarta itu ada yang ngasih dia lapor, kasih selendang harga Rp 100 ribu dia lapor, nanti setiap tahun dia dapat penghargaan, capek juga KPK kalau begitu. Jadi, sekarang jangan menerima dan jangan memberi, dan tidak jadi hitungan lagi kalau banyak melapor ke KPK dia tidak korupsi, jadi sekali lagi sebaiknya jangan memberi (ke ASN) karena mereka sudah digaji,” ungkap Saut.

Kedepan kata Saut, KPK akan memanggil pemberi hadiah kepada penyelenggara negara atau ASN, untuk mengetahui alasan pemberiaannya.

Baca Juga :   Alex Noerdin Hadiri Maulid Isyrin di Almunawar

“Kalau ada orang yang ngasih itu panggil orangnya, kita harus tahu orangnya, apa maksudnya ia ngasih-ngasih, kan sudah dak boleh,” tegas Saut.
Namun kata Saut, jika si pemberi beralasan hubungan keluarga, itu akan dilihat lagi, karena ada tingkatannya, bisa jadi hal itu tidak termasuk dalam gratifikasi.

“Kalau yang memberi masih ada hubungan keluarga, ya boleh karena itu untuk menghargai, yang tidak boleh itu kalau dia memberi karena melihat jabatannya,” katanya. (awj)

Iklan Warung Seblak Dadaan Sunda di Citimall Lahat

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gubernur Tugaskan Pengurus yang Baru Dilantik Hidupkan Kembali 10 Program Pokok PKK

Palembang, KoranSN Meski terkesan jadul dan kuno, Gubernur Sumsel H.Herman Deru meminta agar pengurus TP …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.