Senin , November 19 2018
Home / Ekonomi / Astra Motor Sumsel Gelar Technical Skill Contest

Astra Motor Sumsel Gelar Technical Skill Contest

Salah satu peserta Technical Skill Contest sedang dinilai oleh tim dari Astra Motor Sumsel. (foto-soimah/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Astra Motor Sumsel menggelar Technical Skill Contest For Technical High School atau Technical Kontes bagi Siswa Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang diselenggarakan di Astra Motor Plaju, Rabu-Kamis, 12 dan 13 September 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan generasi muda yang berkualitas dan terampil di dunia kerja serta sebagai bentuk kepedulian Honda di dunia pendidikan. Pelaksanaan kali ini memasuki tahu ke-9, di Palembang kegiatan ini diikuti oleh 14 siswa kelas XII jurusan Teknik Sepeda Motor dari 14 sekolah binaan yang sebelumnya sudah melewati seleksi dari masing-masing sekolahnya untuk mengikuti kontes tingkat regional ini.

Tri Iwantoro selaku teknikal instruktur Astra Motor Sumsel menyampaikan bahwa Astra Motor Sumsel sudah banyak melahirkan karyawan kompeten di bidangnya.

“Kompetisi ini prosesnya ada dua yakni penilaian teori dan praktik. Motor kita sengaja dibuat rusak, supaya siswa bisa menganalisa kesalahan terletak dimana, sebelumnya mereka juga sudah diberikan materi standar dari sekolah, dan kita punya buku reparasi sendiri dengan kurikulum yang sesuai sebagai pedoman mereka,” ungkapnya.

Diharapkannya dari rangkaian kompetisi tersebut kemampuan teknisi bisa menjadi modal mereka sebagai peluang kerja. Serta memiliki potensi untuk proses rekrutmen dalam peningkatan jenjang karir.

“Semoga dengan acara tersebut bisa meningkatkan kompetensi industri otomotif. 14 orang peserta yang ikut ini, dari SMK se-Sumsel. Dari Palembang ada perwakilan dari SMK N 2 dan dari SMK Utama Bakti,” tambahnya sembari mengatakan, pemilihan pemenang tidak dipilih sembarangan. Mereka harus melalui tahap seleksi yang panjang.

“Mereka sudah melalui seleksi dari sekolah masing-masing, dipilih yang paling kompeten. Jadi kompetisi, tidak berakhir disini, kalau mereka menang akan ada beasiswa, yaitu jenjang DIII di Teknik Permesinan, Politeknik Manufacturing Astra di Jakarta.” jelasnya.

Sementara untuk kategori penilaian terbagi menjadi 3 yakni teori praktek meja dan maintenance job. Hal ini turut ditambahkan Manager Technical Service Departemen Achmad Wahyudi. Ia memastikan skill siswa SMK Binaan Honda Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor di seluruh Sumatera Selatan sesuai dengan kebutuhan industri.

“Ajang Technical Contest for Technical High School ini diharapkan dapat menciptakan bibit unggul yang siap kerja khususnya Di industri otomotif. Jadi 1 orang terbaik di kontes ini akan mewakili Sumatera Selatan di ajang Honda Technical Skill Contest for Technical High School tingkat Nasional di Jakarta pada Oktober mendatang,” tutupnya.(ima)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Gebyar Honda Fest di SMA Muhammadiyah 6

Palembang, KoranSN Sematak Gebyar Honda Fest 2018 yang berlangsung di SMA Muhammadiyah 6 Palembang di ...

error: Content is protected !!