Home / Kota Musi / Awas Buang Sampah Sembarangan, Tim Pemantau Kerja 24 Jam

Awas Buang Sampah Sembarangan, Tim Pemantau Kerja 24 Jam

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palembang Periode 2018-2023
Tampak sampah menumpuk di pinggir jalan protokol di Kota Palembang. (Foto-Reigan/Koransn)

Palembang, KoranSN

Dalam rangka menjaga kebersihan di Kota Palembang. Tim Pemantau Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang bekerja selama 24 jam penuh guna mengawasi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Kepala DLHK Kota Palembang, Faizal Ar mengatakan, tim pemantau kebersihan yang berjumlah delapan personil tersebut, bertugas mengawasi masyarakat di 18 kecamatan serta seluruh kelurahan yang ada di Kota Palembang.

Menurutnya, pihaknya sementara ini terus mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenisnya.

Dimana pelanggar Perda akan diancam dengan pidana kurungan paling lama enam bulan atau pidana denda paling banyak Rp 50 juta. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Tim ini kerjanya selama 24 jam penuh untuk memsosialisasikan Perda, lantaran sesuai aturan pemerintahan terlebih dahulu diawali dengan sosialisasi selama tiga bulan, selanjutnya pada bulan April 2018 mendatang baru kita menerapkan denda hingga kurungan sesuai Perda tersebut,” kata Faizal, Jumat (12/1/2018).

Dikatakan Faizal, sementara ini bagi masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan oleh tim pemantau kebersihan masih diberikan surat teguran. Akan tetapi, apabila kembali masih kedapatan, teguran tersebut tidak berlaku untuk kedua kalinya.

“Untuk sementara ini kita belum melakukan rekapitulasi data masyarakat yang sudah mendapatkan teguran. Lantaran belum masuk dalam waktu satu bulan. Tetapi kita terus berkoordinasi dengan pihak kelurahan hingga RT guna mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan,” jelasnya.

Ia menambahkan, tumpukan sampah baik di TPS serta bak sampah yang berada di pinggiran jalan protokol akan diangkut oleh petugas kebersihan menggunakan truk.

Namun, apabila sebagian ada sampah yang belum terangkut, sudah menjadi bagaian tim kebersihan kelurahan bahkan kecamatan.

“Tim di setiap kelurahan dan kecamatan pun bekerja membersihkan sampah yang masih tertinggal. Kerja keras kita menjaga kebersihan ini untuk dinikmati sama-sama, apalagi Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games pada bulan Agustus mendatang,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Faizalk, peran pemerintah ini harus diimbangi dengan kesadaran dari masyarakat untuk saling bersinergi menjaga keindahan Kota Palembang.

“Kita juga terus memberikan himbauan melaui RT, RW serta petugas kelurahan lainnya untuk menyasar ke masyarakat
agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan,” pungkasnya. (rgn)

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Dukung Asian Games, Gojek Palembang Padati Griya Agung

Palembang, KoranSN Ribuan Ojek Online (Ojol) yang tergabung dalam Komunitas Gojek Online Palembang dan sekitarnya ...

error: Content is protected !!