Selasa , Oktober 23 2018
Home / Tak Berkategori / Awas! Bukan Cuma Lansia, Umur 20-an Tahun Juga Bisa Asam Urat

Awas! Bukan Cuma Lansia, Umur 20-an Tahun Juga Bisa Asam Urat

Ilustrasi. (foto-detik)

Jakarta, KoranSN

Beredar foto tes sederhana di grup media sosial untuk mendeteksi kadar asam urat seseorang. Banyak pula orang yang mengikutinya. Tapi banyak pula yang tidak percaya akan tes sederhana tersebut.

Menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, tes sederhana itu adalah hoax.

Karena melihat foto tersebut, tidak sedikit yang justru sadar akan deteksi untuk memeriksa kadar asam urat mereka. Seperti salah karyawan salah satu perusahaan swasta di Jakarta, Suherni.

Baca Juga :   Cuitan Terpidana Pembunuhan Suporter Viral di Medsos

“Setelah coba-coba kayak gini kayaknya memang harus tes asam urat deh. Dan sebenarnya yang aku tahu tes asam urat itu memang berkala. Jadi ya memang wajib cek,” ujarnya kepada detikHealth, Kamis (11/1/2018).

Penyakit asam urat biasanya identik menyerang orang dengan usia lanjut, tapi menurut dr Ari, semua orang memiliki risiko terkena penyakit tersebut.

“Semua orang bisa (terkena asam urat) kalau nggak jaga makan,” tegas dr Ari.

“Pasien saya ada yang usianya 20 atau 23 tahun kena asam urat,” lanjutnya.

Baca Juga :   Listrik Sering Padam, Ketua Komite II DPD RI Sidak PLN Palembang

Kadar asam urat bisa meningkat biasanya sangat dipengaruhi faktor makanan. Makanan yang mengandung zat purin, seperti jeroan dan makanan laut harus dihindari agar kadar asama urat tidak naik. (detikcom)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Ditahan Kejagung, Eks Dirut Pertamina Siapkan Praperadilan

Jakarta, KoranSN Kuasa hukum eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan, Soesilo Aribowo telah mempertimbangkan akan melakukan ...

error: Content is protected !!