Home / Headline / Awas! Sebar Berita Hoax, ‘Mimin’ Instagram Dipidana

Awas! Sebar Berita Hoax, ‘Mimin’ Instagram Dipidana

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel, Kombes Pol Zulkarnain. (Foto-Dedy/Koransn)

Palembang, KoranSN

Maraknya bermunculan administrasi instagram atau dikenal warganet dengan ‘mimin’ membuat Tim Cyber Polda Sumsel melakukan pemantauan guna mengantisipasi penyebaran berita hoax atau ujaran kebencian.

Dalam pemantauan ini, jika penyidik mendapati bukti adanya penyebaran berita hoax atau ujaran kebencian maka administrasi atau pemilik akun instagram tersebut dapat diproses hukum dan dijerat pidana.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel, Kombes Pol Zulkarnain Senin (23/4/2018) mengatakan, Tim Cyber Polda Sumsel hingga saat ini terus memantau aktivitas dan postingan semua instagram yang berada di Sumsel.

“Jika ada administrasi instagram yang terbukti menyebar berita hoax dan ujaran kebencian, maka akan kami proses hukum dan kami kenakan pidana,” tegasnya.

Menurut Zulkarnain, dalam pemantauan tersebut Tim Cyber Polda Sumsel juga memantau semua akun media sosial (Medsos) yang diposting masyarakat. Apabila juga terdapat berita hoax atau ujaran kebencian, tentunya pemilik akun Medsos tersebut juga diproses hukum.

“Bukan hanya memantau, apabila ada laporan dari korban yang merasa dirugikan dari postingan berita hoax atau ujaran kebencian, tentunya akan kami tindaklanjuti dengan penyelidikan guna mencari pemilik akun Medsos yang dilaporkan, supaya dapat diporses hukum,” ungkapnya.

Dari itulah dirinya berharap agar masyarakat dapat bijak menggunakan media sosial.

“Apalagi saat ini sedang tahapan Pilkada serentak, maka kami himbau agar masyarakat bijak menggunakan Medsos dan jangan sembarang mengupload atau menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian, karena itu bisa dikenakan pidana,” tutupnya. (ded)

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

TNI Beri Bantuan Kepada Para Korban Kebakaran di 15 Ulu

Palembang, KoranSN TNI Kodam II/Swj, Selasa (22/5/2018) memberikan bantuan kepada para korban kebakaran di RT ...

error: Content is protected !!