Awas, Serangan Jantung Intai Usia Muda



Ilustrasi Jantung. (Foto-Net/viva.co.id)

Jakarta, KoranSN

Penyakit jantung dikenal sebagai penyakit pada kelompok usia tua. Namun, saat ini, kelompok usia produktif semakin diintai oleh masalah pada jantung, khususnya serangan jantung.

Penyakit jantung tidak lagi menyerang para lanjut usia (lansia), tapi juga mengintai mereka yang masih berada dalam usia produktif. Apa alasannya?

“Jarang olahraga, makanan berlemak yang dikonsumsi, kurang istirahat dan stresnya tinggi, membuat kolesterol tinggi mulai rentan pada usia muda,” ujar Pemerhati Kesehatan, dr Lula Kamal, Rabu (19/12/2018).

Baca Juga :   Dinkes Bandarlampung Klaim Angka Stunting Rendah

Tingginya kadar kolesterol mampu membuat peluang serangan jantung kian meningkat. Sebab, kolesterol tinggi dapat membuat aliran darah di jantung terhambat.

“Kolesterol jahat yang menumpuk di pembuluh darah jantung sangat berbahaya dalam memicu serangan jantung dan stroke. Karena penumpukannya itu memicu terjadinya penyempitan di pembuluh darah jantung,” kata Spesialis Jantung Paru, dr. Vito Damay SpJP, di kesempatan yang sama.

Untuk itu, Lula menyarankan pencegahan yang tepat melalui asupan nutrisi yang baik. Ia menganjurkan konsumsi omega-3 yang terbukti menurunkan risiko serangan jantung tersebut.

Baca Juga :   BNPB: 69 WNI ABK dari Jepang Akan Tiba di Indonesia Minggu Malam

“Tiga manfaat omega-3 yaitu; menurunkan trigliserida yang baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kolesterol baik serta meminimalisir kondisi hipertensi,” ucapnya. (ldp/viva.co.id)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Vaksinasi COVID-19 di Lampung Saat Ramadhan Tetap Berlangsung

Bandarlampung, KoranSN Dinas Kesehatan Provinsi Lampung memastikan vaksinasi COVID-19 di Lampung saat bulan Ramadhan 1442 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.