Babinsa 405-06/Muara Pinang Turun ke Sawah Bantu Petani Panen Padi

Babinsa Koramil 405-06/Muara Pinang Kodim 0405/Lahat melaksanakan panen padi di lahan sawah. (foto-humas kodam)

Empat Lawang, KoranSN

Bertempat di persawahan Desa Tanjung Alam Kecamatan Lintang Kanan Kab. Empat Lawang, tiga orang Babinsa Koramil 405-06/Muara Pinang Kodim 0405/Lahat melaksanakan pendampingan Upaya Khusus (Upsus) dengan panen padi di lahan sawah milik Bapak Masri (55) dari Kelompok Tani Suka Maju, Rabu (24/1/2018).

Ketiga orang Babinsa Koramil 405-06/Muara Pinang yaitu Sertu Tamrin, Serda Sahiman dan Serda Kasiman ini melakukan pemdampingan Upsus panen padi di Desa Tanjung Alam dengan luas keseluruhan 128 hektare yang akan dipanen pada akhir bulan Januari seluas 50 hektare dan di bulan februari 78 hektare, sedangkan pada hari ini lahan yang dipanen seluas 6 hektare. Hasil panen yang didapat dengan hitungan Ubinan mencapai 7,5 ton sampai 9,2 ton GKG (gabah kering giling) per hektare.

Babinsa Koramil 405-06/Muara Pinang Sertu Tamrin menyampaikan, bahwa kegiatan pemdampingan Upsus ini dilakukan dalam rangka mendukung program Swasembada pangan oleh Pemerintah, sehingga kita tetap harus semangat dan tidak boleh lengah sebagai motivator kepada para petani untuk menjadi contoh menyukseskan program pertanian khususnya tentang tanaman padi.

Baca Juga :   Waspada Dampak Kabut Asap, Masyarakat Dihimbau Gunakan Masker

Untuk mendukung program tersebut, Babinsa dan petugas PPL selalu memberikan pendampingan baik secara teori maupun praktek langsung agar program Swasembada pangan dapat tercapai dan sukses dan diharapkan para petani menanam padi secara bersama sama. Dengan pendampingan panen padi ini diharapkan hasil panen lebih baik produktivitasnya, sehingga dapat membawa keuntungan bagi para petani itu sendiri.

Danramil 405-06/Muara Pinang Kapten Inf Sudiman mengatakan, dalam mensukseskan program Swasembada Pangan terus menerus ditingkatkan dengan mengoptimalkan peran Babinsa. Kegiatan panen padi ini merupakan bentuk dukungan Koramil 405-06/Muara Pinang dalam mendukung Program Pemerintah. “Turunnya Babinsa di sawah bersama PPL diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas panen padinya,” kata Sudiman.

Baca Juga :   IMM dan IPM Dukung Kemerdekaan Etnis Rohingya

Masri (55) pemilih sawah mewakili semua masyarakat Desa Tanjung Alam mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa yang telah membantu kegiatan panen padi, “Saya bangga memiliki bapak Babinsa di Desa kami yang selalu membantu para petani dan tidak pernah mengeluh, selalu semangat dan setia mendampingi para petani,” ungkap Masri. (den/dam)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Wawako Fitrianti Agustinda Apresiasi Program GISA

Palembang, KoranSN Pemerintah Kota Palembang menyambut baik atas hadirnya yayasan Pondok kasih cabang Palembang terkait …