Home / Kesehatan / Bahaya Duduk Silangkan Kaki dan Simpan Dompet di Saku Belakang

Bahaya Duduk Silangkan Kaki dan Simpan Dompet di Saku Belakang

Ilustrasi. (foto-net)

Jakarta, KoranSN

Selain faktor genetik, bawaan lahir, kelainan pembentukan tulang, kelainan neurologis, ada beberapa kebiasaan yang bisa memicu skoliosis atau kelainan tulang belakang berupa kelengkungan. Kebiasaan ini pun tanpa disadari sangat sering kita lakukan setiap hari.

Ahli fisiologi dan anatomi Klinik Scoliosis Care, Labana Simanihuruk, B,Sc, mengatakan, kebiasaan hidup yang buruk seperti sedentary, bisa memicu postural dan muskular yang buruk.

“Misalnya pinggul yang berputar, pelvic berotasi, dan backpain,” ujar Labana saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Baca Juga :   Konsumsi Yoghurt Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Salah satu kebiasaan berisiko yang banyak dilakukan perempuan adalah duduk sambil menyilangkan kaki. Meski membuat penampilan terlihat lebih anggun, tapi posisi duduk ini bisa memicu kelainan tulang belakang.

Labana menjelaskan, duduk menyilangkan kaki bisa membuat panggul berputar ke posisi yang tidak seharusnya. Sehingga bisa memicu gangguan tulang.

Sementara pada laki-laki, kebiasaan menyimpan dompet tebal pada saku belakang bisa berpotensi menyebabkan gangguan tulang. Karena pada saat duduk, dompet tersebut membuat posisi bokong tidak stabil.

“Pantat yang naik selama berjam-jam, berhari-hari, akan menggeser posisi pelvic atau pinggang ke sisi sebelahnya. Itu bisa jadi penyebab backpain atau skoliosis,” lanjutnya.

Baca Juga :   Wagub Sumsel: Peran Keluarga Sangat Penting dalam Membangun Bangsa

Cara paling efektif untuk mengurangi risiko skoliosis, adalah dengan banyak bergerak atau aktif. Selain itu, terapkan gaya hidup ergonomis atau selalu menjaga postur tubuh ketika duduk, berdiri, atau menulis.

“Pada perempuan pastikan pada umur 9-14 tahun harus lakukan scoliosis screening,” imbuh Labana. (vivanews)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Waspada, Duduk Lebih dari 9,5 Jam Tingkatkan Risiko Mati Muda

Jakarta, KoranSN Duduk berlama-lama sudah bukan hal asing lagi di dunia modern ini. Perjalanan jauh …