Bahaya Konsumsi Telur Ayam Kampung Mentah

Ilustrasi telur.(foto-istimewa)

TELUR ayam kampung adalah jenis telur yang banyak dikonsumsi masyarakat. Meski kecil ukurannya, telur ayam kampung diyakini oleh sebagian orang memiliki khasiat yang jauh lebih baik dibandingkan telur unggas lainnya.

Telur ayam kampung disebut-sebut sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan rutin mengonsumsinya, kesehatan jantung lebih mudah terjaga.

Namun, itu ternyata hanyalah mitos. Hal itu diungkapkan Spesialis Gizi Klinis, dr Juwalita Surapsari, Mgizi, SpGK. Menurutnya, menghindari penyakit jantung tak cukup hanya konsumsi telur.

“Itu hanya mitos. Untuk jaga kesehatan jantung, harus hindari konsumsi lemak jenuh dan kolesterol jahat yang keduanya ada di dalam kuning telur ayam kampung,” ujarnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat, Senin (29/7).

Baca Juga :   Cuma Minum Kopi Bisa Bikin Langsing, Begini Caranya

Hal lain yang sering dilupakan masyarakat adalah kandungan kolesterol telur ayam kampung yang tinggi. Karenanya, ia menyarankan untuk membatasi asupan telur ayam kampung untuk menjaga tubuh lebih sehat.

“Kalau belum ada kolesterol tinggi, sebaiknya 1 kuning telur per hari dan putihnya bisa lebih dari 1 karena proteinnya baik untuk kekebalan tubuh. Kalau ada kolesterol tinggi, jangan tiap hari konsumsinya,” ujarnya.

Adapun telur ayam kampung oleh sebagian orang banyak dikonsumsi mentah, setengah matang hingga matang. Ternyata, pengolahan dengan cara dimasak matang lebih aman dan memberi manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

“Pertama dalam telur ayam bisa ada kontaminasi salmonela yaitu bakteri penyebab penyakit tipus. Kedua, putih telur mentah mengandung avidin (zat racun) yang juga mengikat biotin (vitamin H larut air). Akibatnya, tubuh tak bisa mencerna dan mengurai vitamin ini dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga :   Lima Langkah Sehat Berbuka Puasa

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa kekurangan biotin juga berdampak buruk bagi tubuh. “Tubuh yang kekurangan biotin bisa mengalami rambut rontok dan kulit pecah-pecah,” ucapnya. (viva.co.id)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Air Mineral Hantarkan Listrik Karena Mengandung Besi? Cek faktanya!

Jakarta, KoranSN Sebuah video berjudul “Awas Air Mineral Mengandung Zat Besi Tinggi” beredar di kanal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.