Home / Politik dan Pemerintahan / Bakal Pasangan Calon Diperiksa Mulai Dari Gigi Hingga Tes Narkoba

Bakal Pasangan Calon Diperiksa Mulai Dari Gigi Hingga Tes Narkoba

Tampak beberapa bakal calon kepala daerah diantaranya Ishak Mekki, Mawardi Yahya saat mengikuti rangkaian Psyco Test di RSUP Moehammad Hoesin Palembang. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan bakal pasangan calon (Bapaslon) Kepala Daerah yang juga Ketua IDI Sumsel, Rizal Sanif mengatakan IDI Sumsel menerjunkan 30 dokter spesialis untuk memeriksa kesehatan bakal pasangan calon yang maju pada pilkada serentak, Juni 2018 mendatang.

Pemeriksaan terhadap bakal calon dilakukan menyeluruh mulai dari pemeriksaan gigi, hingga pemeriksaan narkoba oleh tim dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Pemeriksaannya, seperti pemeriksaan penyakit dalam, jantung, pemeriksaan apakah ada kelainan-kelainan, misalkan apakah ada prostat, tumor dalam pencernaannya, kemudian THT, pemeriksaan mata, tapi kalau berkacamata, tidak apa apa. rontgen, uSG perutnya, apakah ada kelainan, pankreas, atau apa, dan gigi,” ungkap Rizal Sanif, Kamis (11/1/2018).

Untuk bakal calon perempuan katanya, ada sejumlah pemeriksaan tambahan, diantaranya pemeriksaan kandungan. “Untuk wanita, ada tambahan, kandungannya ikut diperiksa,” kata dr Rizal.

Selain pemeriksaan itu kata Rizal, bakal pasangan calon juga wajib mengikuti tes psikologis. Ada dua sesi, yaitu mengisi sejumlah soal dalam waku 3-4 jam, dan setelah itu wawancara masing-masing calon oleh satu psikolog, ini untuk menggali psikologisnya, kemampuannya.

“Ada juga pemeriksaan narkoba yang dilakukan oleh BNN,” tutupnya. (awj)

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Parliamentary Threshold 4 Persen Bakal Sulitkan Partai Baru

Palembang, KoranSN Parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen yang merupakan batas suara minimal partai ...

error: Content is protected !!