Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / Bangunan Selesai Tahun Lalu, Hingga Kini IPLT Belum Difungsikan

Bangunan Selesai Tahun Lalu, Hingga Kini IPLT Belum Difungsikan

Tampak Bangunan IPLT di kawasan Pulo Emass belum difungsikan sampai dengan saat ini. (foto-ist)

Empat Lawang, KoranSN

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang berlokasi dikawasan Pulo Emass Kelurahan Pasar Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang belum difungsikan.

Sementara bangunan sudah selesai pada tahun 2017 lalu.

Sekarang bangunan tersebut dijadikan tempat masyarakat terutama anak muda untuk berfoto-foto dan selfie ria. Karena lokasinya yang sudah banyak tumbuhan dan dipercantik dengan cat warna-warni menambah keindahan bangunan tersebut.

“Tidak tahu bangunan apa itu kak, bagus saja lokasinya untuk foto-foto. Tamannya juga ada,” ujar santo, salah satu pengunjung yang sedang berada dibangunan IPLT, Senin (15/1/2018).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, Lukman Panggar Besi mengatakan, bangunan IPLT tersebut sudah diserahterimakan oleh pihak Pemprov Sumsel ke Pemkab Empat Lawang. Sekarang bangunannya sudah seratus persen selesai.

“Tapi untuk sekarang ini belum dikelola karena belum ada anggarannya. Bangunan tersebut ada petugas yang menjaganya sehingga ada yang merawatnya. Untuk pemeliharaannya masih tanggung jawab pihak provinsi,” kata Lukman.

Dijelaskan Lukman, untuk saat ini pihaknya sudah mengajukan anggaran untuk mengoperasikan IPLT tersebut, dan jika anggran tersebut sudah keluar maka IPLT tersebut baru bisa dioperasikan.
“Mobil untuk operasi belum ada, petugas belum ada. Petugasnya juga harus ahli di bidang IPLT. Mudah-mudahan tahun turun anggarannya,” harapnya.

Lukman menambahkan, jika IPLT tersebut sudah beroperasi maka banyak sekali manfaatnya. Di daerah lain yang sudah mengoperasikan IPLT, limbah tersebut bisa dijadikan pupuk.

“Tapi ini masih perlu kita pelajari dan perlu kita latih orang yang benar-benar ahli dalam bidangnya,” pungkasnya. (foy)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Talang Jawa Tak Pernah Diangkut Petugas

Lahat, KoranSN Sejumlah warga yang biasa beraktifitas di Jalan Letnan marzuki mengeluhkan tumpukan sampah di ...

error: Content is protected !!