Home / Ekonomi / Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 820 Triliun

Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 820 Triliun

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Panji Irawan saat di Plaza Mandiri Jakarta. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, penyaluran kredit secara konsolidasi hingga semester I 2019 mencapai Rp 820 triliun, tumbuh 9,5 persen dibanding semester I tahun 2018 (year on year).

Menurut Panji, pertumbuhan kredit tertinggi terjadi pada segmen korporasi yang tumbuh sebesar 21,2 persen “year on year” dan kredit mikro yaitu 23,6 persen “year on year”.

“Kinerja Bank Mandiri terus menunjukkan perbaikan sampai dengan semester I 2019,” kata Panji, saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Baca Juga :   Grand Zuri Lahat Hadirkan Menu Steak Lezat

Ia menjelaskan, pertumbuhan kredit konsolidasi sebesar 9,5 persen tersebut dipengaruhi perbaikan kualitas aset oleh Bank Mandiri yang ditunjukkan dengan penurunan Rasio Gross NPL (non performing loan) menjadi 2,6 persen atau turun 54 basis points dibandingkan periode yang sama pada 2018 yaitu sekitar 3,13 persen.

Sementara, Dana Pihak Ketiga (DPK) secara konsolidasi tumbuh 6,8 persen “year on year” menjadi Rp827,8 triliun dengan komposisi dana murah yaitu tabungan sebesar 62,4 persen dari total DPK.

“Bank Mandiri mengutamakan pertumbuhan DPK terutama yang bersumber dari tabungan masyarakat,” ujarnya.
Pertumbuhan kinerja keuangan Bank Mandiri juga terlihat pada laba dan rugi yaitu pendapatan bunga bersih tumbuh 9,1 persen “year on year” menjadi Rp14,4 triliun pada semester I tahun 2019, sedangkan pendapatan non-bunga inti tumbuh 5,9 persen (YoY).

Baca Juga :   Sinar Mas Wakaf Al Quran di Ponpes Aulia Cendekia

“Itu diperoleh dari tranksaksi valas dan transaksi ritel,” katanya.

Dengan pengendalian biaya yang ketat, maka biaya operasional Bank Mandiri juga dapat terjaga hingga tumbuh hanya sebesar 5 persen (YoY). Oleh sebab itu, laba bersih Bank Mandiri dapat tumbuh dua digit ditopang oleh perbaikan kualitas kredit.

Selain itu, menurut Panji pihaknya selalu berusaha membangun dan memperbaiki kapabilitas dalam mencari sumber dana agar mendapatkan dana wholesale dalam penerbitan obligasi, baik domestik maupun global, dan pinjaman bilateral dari bank asing. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bank Mandiri Optimistis Kredit Tumbuh di Tengah Tantangan Resesi

Denpasar, KoranSN Bank Mandiri optimistis penyaluran kredit tumbuh sesuai target yakni 11-12 persen pada 2019, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.