Home / Headline / Bantu Warga Miskin, Pjs Kades Parit Keluarkan Kartu Parit Bersama

Bantu Warga Miskin, Pjs Kades Parit Keluarkan Kartu Parit Bersama


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Pjs Kades foto bersama pimpinan puskes payakabung. (foto-herman/koransn.com)

Ogan Ilir, KoranSN

Patut diacungi jempol pemikiran dan terobosan Pjs Kepala Desa Parit Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI), David Harianto, S.IP. Demi membantu warga miskin ia mengeluarkan kebijakan yang langsung menyentuh masyarakat miskin dengan membagikan Kartu Parit Bersama.

Dijelaskannya, program ini bertujuan untuk membantu masyarakat terutama yang kurang mampu untuk melakukan pengobatan di bidan yang buka praktek.

“Satu kartu ini berlaku untuk satu kepala keluarga yang pesertanya seluruh anggota keluarga yang tercantum dalam KK tersebut dan tindakan medis dilakukan sampai ke bidan praktek,” kata David.

David yang sebelumnya menjabat Sekdes Parit mengatakan, semua penyakit yang pengobatannya bisa dilakukan oleh bidan akan ditanggung, kecuali yang sudah sampai tindakan rujukan ke rumah sakit.

Baca Juga :   Pengadaan Pompa di PUCK Lahat Diduga Dikorupsi

“Pengobatan kami tanggung sebatas bidan praktek seperti penyakit Ispa, sakit kepala, demam, kulit dan semua penyakit yang biasa ditangani oleh bidan praktek sedangkan untuk biaya melahirkan kami subsidi sebesar 25 persen,” ungkapnya.

Untuk sumber dana, David memastikan, biaya yang dikeluarkan tidak menganggu dana pembangunan desa, melainkan berasal dari donatur pihak ketiga ataupun perusahaan di seputaran desa.

“Mengenai dana, kami mencari pihak ketiga ataupun bekerjasama dengan perusahaan untuk menjadi donatur-donatur tetap,” ujarnya.

Kedepan katanya, akan dilaksanakan program satu rumah satu lampu jalan yang pelaksanaanya tidak Akan mengganggu dana desa.

Sementara Hasani Sarah, warga setempat mengaku senang dengan adanya program Kades ini. Ia mengaku program tersebut sangat membantu warga, khususnya yang kurang mampu.

Baca Juga :   Napi Merah Mata Ditetapkan Tersangka Pengedar Narkoba di Dalam Lapas

“Kami sangat merasa terbantu dengan adanya program Kartu Parit Bersama ini, karena kalau sudah berobat di bidan praktek bisa mengeluarkan biaya 50 ribu sampai 100 ribuan,” ujarnya.

Terpisah, Camat Indralaya Utara, Benhur Sayuti mengatakan, terobosan Kades ini sangat baik sekali, karena dapat langsung dirasakan oleh masyarakat terutama masyarakat yang perekonomiannya lemah.

“Jadi harapan kami, hal-hal seperti ini harus terus digalakkan apalagi yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat, semoga terobosan seperti ini dapat dicontoh oleh Kades-Kades yang lain,” paparnya.

Launching Kartu Parit Bersama ditandai dengan MoU bersama pimpinan Puskesmas Payakabung Dr. Amitha Historika M. Lesbians dan disaksikan oleh Camat Indralaya Utara yang diwakili Sekcam Jamil S.Sos. (man)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Ratusan Emak Emak Pendukung Capres 02 Sambangi KPU Palembang (FOTO)

Ratusan massa pendukung pasangan calon Presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi melakukan aksi damai di Kantor …