Banyak Home Industri 5 dan 7 Ulu Jadi Kampung Wisata Sadar Hukum

H Harnojoyo menyerahkan bibit pohon saat acara penobatan Kampung Wisata Sadar Hukum di Kelurahan 5 dan 7 Ulu Kecamatan SU I Kota Palembang. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Banyak potensi yang dapat dikembangkan di kawasan kampung yang terletak di bantaran Sungai Musi, diantaranya tidak sedikit home industri pembuatan makanan khas Palembang, seperti Pempek, Ikan Salai dan penghasil ikan lainnya. Untuk itu wilayah kawasan Kelurahan 5 dan 7 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Kota Palembang dinobatkan menjadi Kampung Wisata sadar hukum.

“Selama ini Pempek, Ikan Salai dan jenis ikan lainnya tidak bisa di inapkan lebih lama kalau untuk dijadikan oleh-oleh. Nah, nantinya kita dari Bina Darma akan membuat alat produksinya menggunakan teknologi, seperti ikan akan diolah menjadi ikan sambel, ini semata untuk menambah khas oleh-oleh dari Kota Palembang,” ungkap Rektor Universitas Bina Darma, Prof IR H Bochari Rachman usai penandatanganan kerjasama (MoU) bersama Walikota Palembang, H Harnojoyo, Kementrian Hukum dan HAM Kepala Kantor Wilayah Sumsel, Drs H Sudirman D Hury, Forum DAS-LH Musi DR Syafrul Yunardy serta Kepala BPDA-LH Musi, Siswo di Kampung Kapitan Kelurahan 7 Ulu Kecamatan SU I Palembang, Minggu (14/1/2018).

Baca Juga :   Olahraga Woddbal Belum Dikenal Masyarakat Palembang

Bochari mengatakan, dengan potensi ini maka makanan khas Palembang akan lebih menonjolkan ke luar negeri agar lebih dikenal wisatawan. Apalagi, kampung yang terletak di kawasan heritage Kampung Kapitan yang memiliki nilai sejarah masa perjuangan kemerdekaan, lantaran memiliki potensi yang bisa dijual ke wisatawan mancanegara dan akan dikelola Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dengan mengandeng Universitas Bina Darma.

Ia melanjutkan, kampung yang langsung menghadap Sungai Musi dengan latar belakang Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang ini sangat berpotensi dikembangkan untuk menambah destinasi wisata yang ada.

Baca Juga :   1 Muharram Momentum Introspeksi Diri

“Kita ingin menjadikan kampung yang ada di Kelurahan 5 dan 7 Ulu ini menjadi primadonna bagi wisatawan. Nanti juga akan kita buat penginapan (homestay) di rumah warga, sehingga wisatawan bisa langsung merasakan sensasi menginap di rumah warga yang ada di pinggiran sungai,” jelasnya.

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Palembang Raih 2 Penghargaan Top 21 Inovasi Pelayanan Publik

Jakarta, KoranSN Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang meraih dua penghargaan Top 21 Inovasi Pelayanan Publik dan …