Senin , November 19 2018
Home / Gema Sriwijaya / Banyak Klinik Kesehatan, Hotel dan Tempat Hiburan di Lahat Tak Kantongi Izin Limbah

Banyak Klinik Kesehatan, Hotel dan Tempat Hiburan di Lahat Tak Kantongi Izin Limbah

Kamran. (foto-robby/koransn.com)

Lahat, KoranSN

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Lahat, Misri melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Selasa (16/10/2018) mengungkapkan, saat ini banyak klinik kesehatan, hotel dan tempat hiburan di Lahat belum ada atau tidak mengantongi izin limbah cair.

Dikatakannya, untuk itulah pihaknya telah menyarankan agar para pemilik klinik kesehatan, hotel dan tempat hiburan melengkapi perizinan limbah cair tersebut. Hal ini dilakukan agar limbah tidak mencemari lingkungan sekitar.

Menurutnya, dari aktivitas klinik kesehatan selain menghasilkan limbah cair juga ada limbah yang berbahaya. Hal ini sama juga dengan aktivitas hotel yang banyak menghasilkan limbah cair. Contohnya, aktivitas di dapur yang selalu membuang limbah deterjen. Maka dari itu semua limbah tersebut harus memerlukan pengelolaan yang benar agar tidak mencemari lingkungan.

“Kami sudah menyarankan kepada pemilik usaha, selain itu kami juga sudah melakukan pengawasan terhadap klinik kesehatan, hotel yang ada di Lahat dan tempat hiburan. Tapi sampai saat ini sepertinya himbauan kami hanya diabaikan,” katanya saat ditemui di Kantor DLH Kabupaten Lahat.

Masih kata Kamran, DLH secara rutin telah melakukan pengawasan berkala selama 6 bulan sekali di semua perusahaan yang menghasilkan limbah cair di Kabupaten Lahat. Akan tetapi pihaknya sangat menyayangkan karena para pemilik klinik, hotel dan tempat hiburan masih belum meresponnya dengan baik.

“Saya tidak bisa menyebutkan klinik mana saja yang belum mempunyai izin limbah cair, silahkan wartawan yang juga mencari informasi di lapangan,” terangnya.

Lebih jauh Kamran menjelaskan, pihaknya dari DLH Kabupaten Lahat tidak pernah mempersulit perusahaan dalam mengurus izin limbah cair tersebut.

“Kami siap membantu bila ada perusahaan yang menghasilkan limbah cair untuk mengurus izin, tidak ada birokrasi panjang dalam kepengurusan izin tersebut,” katanya.

Lanjutnya, bahkan hingga kini DLH Kabupaten Lahat terus melakukan pengawasan mengenai izin limbah cair ini, tapi sampai saat ini pihaknya memang belum melakukan penindakan kepada perusahaan yang belum mengantongi izin limbah cair karena harus dikoordinasikan lebih dulu dengan kepala dinas.

“Untuk melakukan penindakan terus terang sampai saat ini belum ada, karena harus koordinasi dengan Kepala Dinas DLH Kabupaten Lahat, kami hanya pelaksana tugas saja,” jelasnya.

Terpisah Bupati Lahat, Marwan Mansyur melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Lahat, Drs H.Syamsul Kusirin MM mengatakan, sudah seharusnya semua usaha yang menghasilkan limbah cair untuk mengurus izin melalui DLH Kabupaten Lahat.

“Saya akan segera kordinasikan dengan DLH Kabupaten Lahat, terkait banyaknya tempat usaha yang masih bandel dan belum memiliki izin limbah cair,” tegas Sekda. (rob)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

SMK Negeri 1 Lahat Gelar Kreatifitas Minat dan Bakat

Lahat, KoranSN Kegiatan kreatifitas yang dilaksanakan SMK Negeri 1 Lahat patut diacungi jempol, beberapa jenis ...

error: Content is protected !!