Rabu , Desember 19 2018
Home / Headline / Barang Bukti 3 Gembong Narkoba yang Ditembak Mati Dimusnahkan

Barang Bukti 3 Gembong Narkoba yang Ditembak Mati Dimusnahkan

Tampak pemusnahan barang bukti sabu dengan cara diblender di halaman Polda Sumsel. (foto-dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel, Rabu (10/10/2018) memusnahkan barang bukti sabu seberat 6,5 Kg atau 6.565, 11 gram dan ganja seberat 1,7 Kg atau 1.722, 35 gram. Semua barang bukti tersebut diamankan dari 13 tersangka yang tiga tersangka diantaranya merupakan gembong narkoba yang tewas ditembak mati polisi.

Adapun ketiga bandar sabu yang ditembak mati tersebut yakni; Baharudin (38), warga Jalan Desa Lalan Sembawa Banyuasin. Tersangka tewas ditembak mati dengan luka tembak di bagian dada, Kamis lalu (30/8/2018) saat polisi melakukan penangkapan di kawasan Desa Mainan Sembawa Banyauasin, dari tangan tersangka diamankan barang bukti 1 Kg sabu.

Kemudian tersangka Heriyanto (30), warga Desa Air Hitam Dusun I Kecamatan Panungkal Abab Kabupaten PALI. Tersangka tewas dengan luka tembak di bagian tubuh belakangnya saat polisi melakukan penggerebekan di kediaman tersangka, Kamis lalu (6/9/2018). Dari penyergapan ini polisi mengamankan barang bukti 2 Kg sabu.

Lalu satu tersangka lagi yang tewas ditembak mati yakni, Darmizon (50), warga Lingkungan I Desa Pajar Jaya Raya Betung Banyuasin. Tersangka ditembak mati dengan luka tembak di bagian punggung belakang, Rabu (12/9/2018) saat polisi menangkap tersangka di Jalan Lintas Palembang-Jambi Lubuk Lancang Banyuasin. Dari tangan tersangka Darmizon ini diamankan barang bukti 3 Kg sabu.

Baca Juga :   Adik Ipar Bupati Muratara Ditahan Bareskrim

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Farman mengatakan, selain dari tersangka Baharudin, Heriyanto dan Darmizon yang ketiganya ditembak mati saat penangkapan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut juga diamankan dari tersangka lainnya yang ditangkap di lokasi berbeda. Mereka yakni; tersangka Muhammad Zahrul Hakim (33) dan empat rekannya Daniel, Umar, Rai dan Tommy. Dari keempat tersangka ini diamankan barang bukti ganja kering seberat 1,7 Kg.

Kemudian tersangka Nilawati alias Nila dengan barang bukti sabu seberat 333,53 gram, tersangka Amirrulah dengan barang bukti 195,95 gram serta tersangka Taufik dan Hendri, yang dari tangan keduanya diamankan barang bukti sabu seberat 190,50 gram.

“Barang bukti ini merupakan hasil ungkap kasus selama bulan Agustus dan September 2018. Dengan dimusnahkannya 6,5 Kg sabu dan 1,7 Kg ganja ini maka Polda Sumsel menyelamatkan 40 ribu lebih jiwa dari bahanya narkoba,” katanya.

Baca Juga :   Rampas Samurai Saat Bentrok, Security PT Lonsum di Lahat Tewas Dibacok

Masih dikatakan Farman, pemusnahan barang bukti narkoba tersebut disaksikan oleh pihak kejaksaan, BNN dan instansi terkait lainnya. Pemunsahan juga dilakukan menindaklanjuti penanganan perkara ungkap kasus yang dilakukan pihaknya serta berdasarkan surat penetapan pihak kejaksaan.

“Pemusnahan barang bukti ini adalah sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 91 UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dan Pasal 45 ayat (4) KUHP, yang mewajibkan penyidik melakukan pemusnahan barang bukti narkoba. Disamping itu, pemusnahan barang bukti juga dilakukan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan dari aparat hukum yang tidak bertanggungjawab,” tandas Farman.

Pantauan di lapangan, sebelum dimusnahkan barang bukti sabu dan ganja dilakukan tes keasliannya oleh petugas Labfor Polda Sumsel, setelah itu barulah dilakukan pemusnahan. Untuk 6,5 Kg sabu dimusnahkan dengan cara dicampur detergen lalu diblander kemudian dibuang ke saluran air yang berada di Polda Sumsel. Sementara untuk 1,7 Kg ganja kering dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam tong. (ded)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Begal Sadis Ditembak Mati

Palembang, KoranSN Tahadi (19), warga Komplek Teratai Putih Kecamatan Sukarami yang merupakan begal sadis di ...

error: Content is protected !!