Home / Politik dan Pemerintahan / Baru 15 Ribu Hektar Lahan Diasuransikan

Baru 15 Ribu Hektar Lahan Diasuransikan

Erwin Noor Wibowo. (foto-dok-alwi/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Dari total lahan lebak sekitar 200 ribu hektar di Sumsel, baru 15 ribu hektar lahan yang masuk dalam program asuransi pertanian sampai dengan saat ini. Demikian diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel Erwin Noor Wibowo, Kamis (15/12/2016).

“15 ribu hektar ini tersebar baik di Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba) dan lain sebagainya,” katanya.

Menurutnya, jumlah lahan tersebut masih sangat rendah karena itu ditahun depan pihaknya terus berupaya meningkatkan jumlah lahan yang diasuransikan dengan cara bersosialisasi baik kelompok tani maupun perorangan. “Kami menargetkan tahun depan sebanyak-banyaknya yang ikut dalam asuransi pertanian ini,” terangnya.

Diterangkannya, petani tidak perlu ragu terhadap asuransi ini karena diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 40 tahun 2015. Dimana tujuannya untuk melindungi para petani dari gagal panen. Asuransi ini juga disubsidi oleh pemerintah namun memang setengah premi dibayarkan oleh petani.

“Dari total premi Rp 80 ribu per hektar per satu musim, petani hanya membayar 36 ribu per satu musim sisanya dibayarkan oleh pemerintah. Dan premi tersebut tidak terlalu memberatkan para petani,” ujarnya.

Jika terjadinya gagal panen, sambung Erwin, petani akan mendapatkan ganti rugi yakni sebesar Rp 6 juta per hektar. Sejauh ini, total premi yang telah dikumpulkan yakni Rp 2 miliar, sedangkan untuk klaim yang sudah dibayarkan yakni sebesar Rp 7 miliar.

“Kami berharap para petani ikut serta dalam asuransi pertanian ini karena sangat menguntungkan. Berkaca dari tahun sebelumnya, bahkan lahan yang setengah hektar terjadi gagal panen pun dapat mendapatkan ganti rugi,” tandasnya. (wik)

Publisher : Decky Canser

Lihat Juga

Nopran Marjani Berdialog dengan Warga Merapi Timur

Lahat, KoranSN Calon Bupati Lahat Nopran Marjani berdialog langsung dengan masyarakat Kecamatan Merapi Timur. Kedatangan ...

error: Content is protected !!