Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / Bawaslu Banyuasin Didesak Laporkan KPU ke DKPP

Bawaslu Banyuasin Didesak Laporkan KPU ke DKPP


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Aksi AMPP mendapat pengawalan ketat polisi. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuasin didesak untuk melaporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), terkait banyaknya permasalahan yang terjadi saat pelaksanaan Pemilu, 17 April lalu.

Hal ini disuarakan puluhan massa yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu (AMPP) Kabupaten Banyuasin, saat mendatangi kantor Bawaslu Banyuasin, Senin (22/4/2019).

Koordinator Aksi (Korak) AMPP Banyuasin Suhaimi dalam orasinya menyebut, permasalahan yang terjadi di Banyuasin cukup komplek, mulai dari kesalahan salah cetak surat suara di Dapil II DPRD Banyuasin, tidak masuknya salah satu caleg pada kertas suara, surat suara telat datang, kotak suara menggunakan kardus mie, pemilihan dimulai 11 malam dan adanya kotak suara untuk pilpres beserta isinya yang hilang.

Baca Juga :   TNI & Polri Olahraga Bersama

“Rasanya sudah seharusnya hal ini perlu tindakan tegas Bawaslu,” kata Suhaimi.

Ia mengatakan, AMPP mendorong Bawaslu menindak kelalaian dan kegagalan yang di lakukan KPU Banyuasin yang berimbas tidak berjalannya proses pemilihan dengan baik, sehingga menyebabkan tidak sehatnya kondisi Pemilu di Bumi Sedulang Setudung.

Perwakilan AMPP lainnya, Ari Anggara mendesak Bawaslu agar segera merekomendasikan KPU Banyuasin ke DKPP agar mendapat sanksi.

“Mendesak Bawaslu segera memberikan rekomendasi supaya KPU mendapat sanksi tegas dari administrasi, kode etik sampai ke Dewan Kehormatan Penyelengaraan Pemilu (DKPP) Jakarta,” tukas Ari.

Baca Juga :   Suara Nusantara Runner-up AbdiCup

Menangapi aksi ini, Ketua Bawaslu Banyuasin Ibzani HS, didampingi Koordinator Bidang Penindakan Zulkifli menyambut baik kedatangan massa AMPP. Ia mengaku, pihaknya sudah melakukan kajian dan pemeriksaan terhadap ketua KPU dan Komisioner lainnya guna mengumpulkan data dan keterangan.

“Terimakasih atas dukungan rekan-rekan semua, kepeduliannya terhadap proses pemilihan yang belangsung, kita temui bersama di lapangan dari surat suara salah cetak sampai isu kotak suara hilang, maka kami dalam hal ini perlu mengumpulkan bukti juga keterangan supaya rekomendasi Bawaslu benar kuat,” tegas Ibzani.

“Dalam waktu dekat, setelah terpenuhinya bukti dan keterangan sesegera mungkin rekomendasi ke DKPP kami kirim,” pungkas Ibzani. (sir)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Pendidikan di Muba Jadi Prioritas Bupati Dodi Reza Alex

Sekayu, KoranSN Kabupaten Muba sebagai pelopor sekolah gratis sejak 2002 lalu terus membenahi dunia pendidikan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.