Bawaslu Belum Bisa Tertibkan Baliho Kandidat Kepala Daerah

Kurniawan. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel menyatakan belum dapat menertibkan baliho bakal calon kepala daerah yang marak di sejumlah titik di Provinsi Sumsel. Pasalnya, saat ini belum masuk tahapan pemilu.

Demikian diungkapan Pimpinan Bawaslu Sumsel, Kurniawan, Rabu (2/8/2017). Pernyataan ini merupakan jawaban dari aksi sejumlah mahasiswa UIN Raden Fatah sebelumnya yang meminta Bawaslu menertibkan baliho yang bernuansa politik di Sumsel.

“Saat ini kita belum bisa menertibkan baliho tersebut, karena belum masuk wilayah penyelenggara pemilu. Alasannya, baliho bakal calon tersebut belum dapat dipastikan apakah menjadi calon kepala daerah atau belum,” ungkapnya.

Baca Juga :   Meski Tak Mendapat Dukungan Keluarga, Lury Mantapkan Maju Pilwako Palembang

“Penertiban baliho politik baru bisa dilakukan setelah masuk tahapan pilkada atau setelah KPU menetapkan calon kepala daerah,” tambah Kurniawan.

Namun katanya, untuk penertiban baliho tersebut bisa saja dilakukan oleh pemerintah daerah masing-masing, karena saat ini, hal itu merupakan kewenangan pemerintah.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah masing-masing. Pemerintah daerah bisa menertibkan itu dengan alasan mengganggu keindahan ataupun menyalahi aturan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya puluhan mahasiswa UIN Raden Fatah yang tergabung dalam pengurus cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (MPII) menggelar aksi damai di gedung KPU dan Bawaslu Sumsel. Mereka menuntut kedua penyelenggara pemilu untuk menertibkan baliho bakal calon kepala daerah yang dipasang di sejumlah tempat umum dan meminta penyelenggara pemilu untuk netral dalam menjalankan tugasnya di Pilkada serentak tahun 2018 mendatang. (awj)

Baca Juga :   Kapolda Sumsel Launching Aplikasi E-Polling
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Wawako Fitrianti Agustinda Apresiasi Program GISA

Palembang, KoranSN Pemerintah Kota Palembang menyambut baik atas hadirnya yayasan Pondok kasih cabang Palembang terkait …