Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / Bawaslu Fokus Sosialisasi ke Pemilih Pemula

Bawaslu Fokus Sosialisasi ke Pemilih Pemula

suasana saat menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019 di Auditorium Pemkab Banyuasin, Kamis (10/1/2019). (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Bawaslu Kabupaten Banyuasin semakin memfokuskan sosialisasi pengawasan pemilu 2019 kepada pemilih pemula, karena pemilih pemula sangat penting diberikan arahan agar menggunakan hak pilihnya.

“Yang jelas mereka masuk daftar pemiih tetap (DPT). Kita juga mendata yang sudah berhak untuk menggunakan hak pilihnya,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuasin, Ibzani, didampingi Komisioner Bawaslu Banyuasin lainnya, saat menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019 di Auditorium Pemkab Banyuasin, Kamis (10/1/2019).

Ibzani mengatakan, pemilih pemula biasanyaaktif menggunakan gadget dan media sosial. Untuk itu, pihaknya akan aktif memberikan informasi kepada mereka tentang segala hal yang dilarang dalam kampanye.

“Di dunia gadget itu banyak hal-hal yang tidak semestinya diucapkan dan itu dilarang dalam kampanye. Ini yang mereka harus ketahui, semisal kampanye tidak boleh mengandung unsur sara dan mengadu domba,” jelas Ibzani.

Baca Juga :   Sudah Dihimbau, Pengendara Masih Membandel

Komisioner Bawaslu Banyuasin Divisi SDM, Iswadi menambahkan, fungsi Bawaslu mengawasi dan melakukan penindakan terhadap pelanggar Pemilu.

“Siapa yang kita awasi, ya jelas ASN, Kades dan perangkat desa, TNI dan Polri, mereka harus netral, bila terdapat pelanggaran maka kita tindak tegas dan tidak pandang bulu,” tegas Iswadi.

Bawaslu mengharapkan melalui sosialisasi ini pemilih pemula di Kabupaten Banyuasin menjadi pemilih yang cerdas. Hal tersebut seirama dengan harapan Bawaslu untuk menciptakan bhinneka Pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Iswadi juga menjelaskan bahwa sosialisasi ini untuk mengedukasi para pemilih pemula. “Yang paling banyak hadir pada acara ini adalah para pelajar yang sudah berusia 17 tahun serta para mahasiswa,” tuturnya.

Baca Juga :   Ingat! Belok Kiri Harus Ikuti APILL

Ia juga mengatakan bahwa saat ini masih banyak pemilih pemula yang sudah masuk syarat menjadi pemilih, namun belum terdaftar, maka pihaknya mencoba menyisir dengan harapan mereka dapat terdaftar.

“Kita berharap mereka berperan aktif dalam pengawasan pada Pemilu 2019 ini. Di sisi lain, apabila menemukan kecurangan dalam pemilihan umum bisa menyampaikan kritik dan saran melalui Bawaslu,” pungkasnya. (sir)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkab Empat Lawang Kerjasama dengan UGM

Empat Lawang, KoranSN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sepakat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.