Senin , September 24 2018
Home / Politik dan Pemerintahan / Bawaslu Perketat Pengawasan Politik SARA

Bawaslu Perketat Pengawasan Politik SARA

Ketua Bawaslu Sumsel Junaidi saat diwawancarai sejumlah wartawan. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Bawaslu Sumsel komitmen untuk memperketat pengawasan terhadap pelanggaran politik uang (money politic) dan politik SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan) pada pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres), April 2019 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Sumsel Junaidi, kemarin.

Menurutnya, money politic sangat mudah dilakukan oleh calon anggota legislatif (Caleg) untuk meraup suara, padahal money politik melanggaran aturan.

”Begitu juga politik SARA akan membuat gaduh dan gejolak di tengah masyarakat. Oleh karena itu, taati aturan yang ada dan berpolitiklah yang santun,” imbuh Junaidi.

Baca Juga :   Kerusakan Jalan Provinsi di OKU Timur Capai 70 Persen

Menurut Junaidi, untuk meraup suara dan simpati masyarakat, Caleg harus mengumbar program untuk masyarakat. Program itulah yang akan menjadi pertimbangan masyarakat dalam menentukan pilihannya nanti.

”Jika program yang ditawarkan baik menurut masyarakat, maka yakinlah masyarakat akan memilih, bukan karena uang dan sembako untuk menentukan pilihan. Masyarakat sudah sangat cerdas dalam menentukan pilihan,” ujar dia.

Junaidi mengklaim, Bawaslu sudah sangat siap melakukan pengawasan pada Pileg dan Pilpres tahun 2019 tersebut, karena perangkat pengawas dari provinsi hingga kelurahan/desa sudah terbentuk.
(awj)

Baca Juga :   Sumsel Siap Jadi Host UEA Summit 2019
Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

1014 Caleg Rebutkan 75 Kursi DPRD Sumsel

Palembang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel secara resmi menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon ...

error: Content is protected !!