BBM Turun, Sembako Stabil

Ilustrasi. (foto/net)
Ilustrasi. (foto/net)

Palembang, KoranSN

Turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) per 1 April lalu, tidak terlalu berdampak terhadap harga sembako di pasaran. Harga kebutuhan pokok itu cenderung stabil.

Hal ini diungkapkan oleh Kadisperindagkop Kota Palembang, Dewi Isnaini saat di temui di kantornya, Selasa (5/4/2016).

“Yang kita dapati semua harga cenderung stabil, meskipun turun, itu tidak terlalu signifikan, sejauh ini juga tidak didapati adanya penjual yang curang,” ujarnya.

Pernyataan ini didapat setelah Disperindag melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang, pasca turunnya harga BBM.

“Kita sidak harga di beberapa pasar tradisional diantaranya pasar Cinde, km 5, dan 10 Ulu, hal ini kita lakukan agar menghindari kecurangan yang di lakukan oleh beberapa oknum untuk memanfaatkan turunnya harga BBM,” ujarnya.

Baca Juga :   Firmansyah Hadi Ambil Formulir Wako ke Partai Golkar

Menurutu Dewi, turunnya harga BBM sebenarnya tidak banyak mempengaruhi penurunan harga sembako. Namun, hal tersebut terjadi karena mata rantai dalam penjualan sembako kini semakin di ringkas.

“Turunnya harga sembako lebih karena sistem penjualan yang di ringkas, contohnya seperti adanya Toko Tani yang diresmikan beberapa waktu lalu, hasil panen itu langsung di jual kepada konsumen, mata rantai jadi disingkat, karena kebanyakan yang menyebabkan harga mahal selama ini cenderung ke ongkos pengiriman dan tengkulak,” paparnya.

Di jelaskannya, beberapa barang seperti telor ayam dan daging ayam sudah turun sejak sebulan lalu. Menurutnya, hal itu dipastikan bukan karena pengaruh BBM. Hal tersebut diyakini karena pihaknya selalu memantau dan mengawasi 10 pasar tradisional setiap harinya. (tya)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Herman Deru Ajak Warga Macan Kumbang Patuhi Pergub 37

Palembang, KoranSN Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengajak masyarakat untuk terus disiplin protokol kesehatan. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.