Senin , Februari 18 2019
Home / Gema Sriwijaya / Bekas Tambang Akan Direklamasi Jadi Lahan Produktif

Bekas Tambang Akan Direklamasi Jadi Lahan Produktif

Bekas Tambang Akan Direklamasi Jadi Lahan Produktif. (foto-yudi/koransn)

Muara Enim, KoranSN

Komitmen PT Bukit Asam (PTBA) akan mereklamasi seluruh tambang batubara yang tengah dieksploitasi hingga saat ini. Galian tambang akan ditutup kembali serta mereklamasinya menjadi lahan produktif. Salah satu yang sudah dilakukan oleh perusahaan BUMN ini adalah mereklamasi kawasan pemukiman Atas Dapur Tanjung Enim. Dimana sebelumnya, kawasan tersebut merupakan pemukiman, dan lahan pemakaman bagi masyarakat.

Kemudian, oleh oleh PTBA, direklamasi sebagai lahan hijau, dan saat ini sudah disulap menjadi taman wisata Zoo And Jogging Trak. Hingga kini tempat tersebut selalu ramai dikunjungi warga, terutama pada setiap akhir pekan.

“Ini adalah salah satunya yang dilakukan PTBA. Sebelumnya tempat ini (Atas Dapur,red) dihuni penduduk lalu ditambang. Dan kami timbun dan reklamasi jadi seperti sekarang,” kata Suhedi, GM UPTE PT Bukit Asam Tanjung Enim, pada saat menerima kunjungan bupati dan wakil bupati Muara Enim, serta OPD dalam acara Coffee Morning di tengah Taman Zoo And Jooging Trak, kemarin.

Baca Juga :   Syahril Tegaskan Tidak Akan Calonkan Diri Jadi Bupati Lagi

Lalu, PT Bukit Asam juga sudah menyiapkan rencana reklamasi bagi tambang-tambang batubara yang sampai saat ini diproduksi. Semua tambang nantinya akan disulap, selain sebagai lahan pertanian, juga akan dibangun destinasi wisata, kebun binatang, museum, dan bandara. Seperti yang sudah dilakukan oleh daerah lain yang kini maju dan terkenal pariwisatanya.

“Akan dibangunnya bandara adalah salah satu penunjang pariwisata. Dan ada kemungkinan akan kita serahkan ke Pemda. Kita ingin mencontoh kemajuan Kabupaten Banyuwangi. Dimana Banyuwangi itu sudah menjadi daerah percontohan nasional dibindang pariwisatanya,”ungkap Suhedi.

Sementara itu, Ketua Tanjung Enim Wisata, Budi Lesmono menjelaskan, selain dilengkapi bermacam hewan satwa unggas, seperti burung, ayam, ada juga kelinci, rusaa, merak, dan angsa. Budi melanjutkan, untuk kenyamanan para pengunjung taman burung itu dilengkapi sarana internet gratis. PT Bukit Asam memasang jaringan wifi yang dapat di akses di dalam taman Zoo And Jogging Trak tersebut.

“Area taman ini sudah dilengkapi dengan wifi gratis,”ujar Budi pada saat memberikan presentasi mengenai Kota Tanjung Enim Kota Wisata.

Baca Juga :   Jalan Desa Sungai Rengit Kebanjiran, Warga Panen Ikan Seluang

Sementara itu, Bupati Muara Enim, Ir H Ahmad Yani MM, pada saat menghadiri acara PTBA itu berharap, masyarakat sekitar dapat ikut ambil bagian dalam menunjang kota wisata di Tanjung Enim. Yani juga berharap kepada PTBA agar tidak hanya Tanjung Enim saja dibangun destinasi wisata. Namun di kecamatan Lainnya, seperti Muara Enim, serta Semende Raya juga bisa mendapatkan perhatian perusahaan.

Bupati Muara Enim periode 2018-2023 ini juga mengapresiasi kepada PTBA yang telah peduli dan memperhatikan masyatakat sekitar perusahaan. Dia berharap lagi, kedepan perusahaan ini tidak hanya bekerja membangun banyak destinasi wisatanya. Namun dapat melengkapi dengan infrastruktur penunjangnya. Seperti akses jalan, fasilitas ibadah, toilet, dan fasilitas hiburan, serta penginapan.

“Harapan kita dengan adanya wisata ini dapat membantu menurunkan angka kemiskinan, menumbuhkan ekonomi masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan. Wisata juga harus didukung dengan keamanan, dapat mengembangkan ekonomi lokal. Nanti di Tanjung Enim jangan hanya tumbuh hotel saja, masyarakat bisa menumbuhkan home stay untuk pemberdayaan masyarakat,”pungkas Ahmad Yani. (yud)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Polres Mura Siap Kawal Pengambilan Surat Suara

Musirawas, KoranSN Jajaran Polres Mura bersama dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Mura dan Muratara melaksanakan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.