Belajar Dari Kasus OTT Kemenhub, Sekda: Ada Pungli, Laporkan ke Saya

Harobin Mustafa.
Harobin Mustafa.

Palembang, KoranSN

Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI oleh Mabes Polri di Jakarta, terkait pungutan liar (Pungli) yang dilakukan beberapa oknum PNS Kemenhub menjadi perhatian semua pihak, termasuk Pemkot Palembang.

Terkait hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mustofa mengatakan, kalau ada pungli yang terjadi, baik itu di dinas-dinas tertentu dalam pelayanan publik khususnya di lingkungan Pemkot Palembang untuk segera melaporkan hal itu kepada dirinya.

“Kalau ada kejadian pungli, segera lapor ke saya,” katanya, Rabu (12/10/2016).

Harobin mengakui, ada banyak pelayanan publik yang rentan dijadikan oleh oknum-oknum tertentu guna kepentingan diri sendiri. Oleh karena itu, dia menghimbau agar masyarakat jangan takut untuk segera melapor jika menjadi korban atau melihat pungli yang terjadi.

Baca Juga :   Pembangunan Pasar Cinde Dipastikan Tidak Selesai Sebelum Asian Games

“Disayangkan, selama ini masyarakat banyak yang takut melaporkan hal ini. Mari kita bantu pemerintah dalam memberantas pungli ini, karena bukan hanya masyarakat yang dirugikan, pemerintah juga dirugikan,” imbuhnya.

Menurut Harobin, selama ini pihaknya terus mengawasi pelayanan publik yang ada di Palembang. Dimulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Lurah, Camat dan lain-lainnya.

“Sejak lama kita telah melakukan pengawasan dalam sisten-sistem pelayanan masyarakat yang kita nilai rentan terkena pungli. Bahkan, sebelum adanya instruksi dari presiden,” ulasnya.

Baca Juga :   Bambang Irawan: Satukan Dualisme PB HMI

Harobin mengingatkan kepada masyarakat, kalau semua pelayanan masyarakat itu tidak ada yang bayar alias gratis, seperti, e-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan beberapa pelayanan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Sulaiman Amin masih enggan memberikan tanggapan.

“Untuk hal itu, saya no comment dulu aja ya,” katanya singkat. (tya)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Nambah 56, Covid-19 di Sumsel Naik Jadi 2.475

Palembang, KoranSN Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, Kamis (9/7/2020) mengatakan, kasus Covid-19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.