Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / Belum Ada Aturan Pilkada Gunakan e-Voting

Belum Ada Aturan Pilkada Gunakan e-Voting

Mobius Alhasan.
Mobius Alhasan.

Empat Lawang, KoranSN

Meskipun Kabupaten Empat Lawang berhasil melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak menggunakan e-Voting, namun untuk Pilkada serentak tahun 2018 nanti, penggunaan e-Voting belum tentu dapat dilaksanakan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Empat Lawang Mobius kepada wartawan, Minggu (3/4/2016) mengatakan, mengenai sistem tata cara pemilihan dalam Pilkada nanti sepertinya masih tetap menggunakan metode lama yakni sistem pencoblosan, belum ada aturan yang mengarah kepada Pilkada menggunakan e-Voting.

“Kalau e-Voting seperti tidak terlaksana karena belum ada aturan, regulasinya belum ada, kemungkinan masih tetap menggunakan sistem pencoblosan,” ungkapnya

Baca Juga :   Massa Aksi Unjuk Rasa di Panwaslu Lahat, Kapolres: Situasi Aman dan Kondusif

Mobius mengakui, Empat Lawang telah berhasil melaksanakan Pilkades serentak menggunakan e-Voting. Apabila menggunakan e-Voting justru lebih efektif tapi harus dibuktikan dengan hitung manual, sebab harus transparan dan terbuka untuk umum.

“E-voting itu lebih efektif, tapi harus tetap dibuktikan dengan manual. Penghitungan suara itu harus dilihatkan orang banyak,” ujarnya.

Mobius menambahkan, sampai sejauh ini belum ada aturan terbaru dari KPU Provinsi apa lagi tentang mekanisme maupun tata cara pemilihan, apabila memang ada aturan menggunakan e-Voting pihaknya yakin Empat Lawang siap melaksanakannya.

Baca Juga :   Dirut PTBA Resmikan Gapura Sriwijaya Tanjung Enim

“Yang jelas belum ada aturan baru, masih menggunakan metode lama yakni sistem pencoblosan,” pungkasnya. (foy)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Pemkab Mura Jalin Kesepahaman Bersama dengan ITB

Musirawas, KoranSN Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab) melaksanakan Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Institut Teknologi Bandung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.