Belum Diresmikan, Dipasang Awning Sudah Berikan Dampak Positif Bagi Pedagang

Suasana para pedagang di Lorong Sentot Ali Basah yang dipasang Awning. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN
Dipasangnya kanopi (Awning) di Lorong Sentot Ali basah kawasan Pasar 16 Ilir tidak sedikit memberikan dampak positif kepada pedagang disana, meskipun daerah yang digadang bakal dijadikan night culinary market oleh Pemerintah Kota Palembang tersebut belum diresmikan.

Pantauan Suara Nusantara, Rabu (17/1/2018), para pembeli tidak perlu khawatir lagi belanja lantaran kepanasan atau kebanjiran di Lorong basah. Dimana, tempat yang dulunya dikenal dengan istilah becek dan kotor serta terkesan kumuh sekarang sudah menjadi asri kemudian rapi setelah dipasang awning sebagai pelindung panas dan hujan. Lantai yang dikeramik serta adanya baliho Asian Games 2018 menambah kesan nyaman di Lorong Basah.

Salah satu pedagang jam tangan (Arloji), Kiyay (46) mengaku, bergadang di tempat yang sekarang berdampak pesat pada pendapatan penjualannya sehari-hari dan berbeda pada hasil dagangan pada sebelum dipasangnya awning ini.

Baca Juga :   Komite III DPD RI Kunjungi Sumatera Selatan

“Alhamdulillah penghasilan per hari meningkat dri yang biasanya hanya Rp 200 ribu sekarang menjadi kisaran Rp 500 ribu perhari sejak tempat ini diperbaiki,” ungkapnya.

Sementara, Amin seorang pedagang celana jeans mengatakan, untuk penyewaan lapak harganya beragam dan tergantung ukuran. Dimana, untuk ukuran satu kali dua meter biaya yang dikenakan Rp 8 juta pertahun.

“Biaya sewanya tergantung ukuran masing-masing, tapi kalau untuk harga tidak terlalu masalah, lantaran lapak dagangan kawasan disini sudah banyak yang memesan, apalagi tempatnya sudah rapi dan bersih,” jelasnya.

Tempat yang sama, salah seorang pembeli Bella mengatakan, bahwa perubahan yang ada sekarang berubah drastis, tidak seperti dulu yang kalau berdesakan selalu terinjak becek saat belanja.
“Kalau sekarang enak tempatnya, selain nyaman juga bersih meskipun harus tambah berdesakan saat belanja, kawasan ini juga bersih tidak banyak sampah,” katanya.

Baca Juga :   HD: Peran Ulama Sangat Penting Dalam Pembinaan Umat

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, kawasan Lorong Sentot Ali Basah saat ini sudah dipasang awning serta lighting yang sesuai konsep awal yang akan dijadikan night culinary market serta lantai yang sudah ditinggikan hingga menghindarkan dari genangan saat hujan turun.

“Dalam waktu dekat akan kita resmikan, kita juga sudah sosialisasikan kepada pedagang disana. Kawasan Lorong Basah ini juga akan kita tambah dengan fasilitas pendukung lainnya seperti toilet umum,” pungkasnya. (rgn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

496 ASN dan Non ASN Pemkot Palembang Kantongi Id Card e- Money

Palembang, KoranSN Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam penerapan gerakan uang non tunai, bukan isapan …