Home / Lacak / Benda yang Meledak & Hebohkan Warga Sungai Lais Ternyata Suar Kapal

Benda yang Meledak & Hebohkan Warga Sungai Lais Ternyata Suar Kapal

Tim Gegana Brimob Polda Sumsel saat mengevakuasi benda yang diduga bom. (Foto-Istimewa)

Palembang, KoranSN

Kasat Brimob Polda Sumsel, Kombes Pol Arif Budiman, Rabu (2/12/2017) mengungkapkan, dari pemeriksaan yang dilakukan pihaknya kepada benda terjatuh dan meledak di kawasan Jalan May Zen Lorong Pantai Kelurahan Sungai Lais Kecamatan Kalidoni Palembang. Diketahui jika benda tersebut merupakan alat suar yang biasanya dipergunakan kepal besar sebagai tanda berbahaya saat berlayar.

Menurutnya, diketahui benda tersebut adalah alat suar setelah Tim Gegana Brimob Polda Sumsel melakukan identifikasi terhadap dua benda yang ditemukan tersebut.

“Ada dua yang ditemukan, setelah diperiksa diketahui jika benda tersebut merupakan alat suar kapal yang biasanya dipakai oleh kapal-kapal besar. Memang alat itu saat digunakan ada suara ledakannya tapi tidak telalu berbahaya hanya suaranya saja yang keras,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, dengan adanya temuan benda tersebut kini Polresta Palembang masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui dari mana asal benda tersebut.

“Yang jelas, benda itu merupakan alat suar untuk kapal yang berlayar. Nah, untuk asalnya dari mana kini masih diselidiki oleh petugas Polresta Palembang,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Warga Jalan Mayor Zen Kelurahan Sungai Lais Kecamatan Kalidoni Palembang dihebohkan dengan temuan dua benda diduga bom berbentuk persegi panjang seukuran lengan orang dewas. Bahkan salah satu dari benda tersebut sempat meledak dan mengeluarkan asap yang banyak.

Kejadian ini bermula, Senin malam (4/12/2017) sekitar pukul 22.30 WIB saat satu benda diduga bom jatuh di atas rumah Sobri (60), di Jalan May Zen Lorong Pantai No 21 RT 31 RW 07 Kelurahan Sungai Lais Kecamatan Kalidoni Palembang. Akibatnya atap seng rumah Sobri jebol, sementara benda tersebut mengeluarkan suara ledakan yang besar hingga mengagetkan penghuni rumah serta para tetangga.

Sedangkan di lokasi berbeda, benda serupa juga ditemukan warga terjatuh di lapangan tak jauh dari kediaman Sobri. Sehingga warga bersama Ketua RT melapor penemuan kedua benda itu kepihak kepolisian dan keesokan harinya, Selasa pagi (5/12/2017) pukul 07.00 WIB Tim Gegana Brimob Polda Sumsel mendatangi lokasi untuk mengevakuasi dua benda yang diduga bom tersebut.

Ditemui di kediamannya, Sobri didampingi isterinya Rugaya (55), mengatakan, saat benda tersebut menimpa rumah, dirinya bersama isteri, anak dan cucunya sedang beristirahat di dalam rumah. Tiba-tiba ia dan isteri mendengar suara barang jatuh menimpa atap seng rumahnya.

“Benda itu seperti bom. Sebab, ketika menimpa rumah membuat atap seng kami jebol. Kemudian ada suara ledakan yang sangat kuat ketika benda itu jatuh menyentuh lantai. Kami semua kaget, bahkan saya sempat meloncat. Bukan hanya itu, benda tersebut juga mengeluarkan asap yang beraroma angit seperti mesiu,” ungkapnya.

Menurutnya, tak lama kemudian dirinya membuang benda tersebut ke bawah kolong rumah panggung miliknya. Sementara para warga yang kaget dengan adanya suara ledakan banyak berdatangan ke kediamannya .

“Heboh, warga banyak yang datang ke sini. Kemudian saya melapor Pak RT. Setelah melapor, ternyata ada juga warga yang menemukan benda yang sama di lapangan dekat mushola, yang jaraknya hanya sekitar 20 meter dari rumah saya. Tapi untuk benda diduga bom yang ditemukan warga di lapangan tersebut tidak ada ledakan, hanya tergeletak saja,” jelasnya.

Sedangkan Suprapto (37), yang kediamannya berdekatan dengan lapangan tempat ditemukan satu benda diduga bom yang lokasinya tak berjauhan dari rumah Sobri mengungkapkan, sebelum ditemukan benda asing tersebut, warga sekitar sempat mendengar suara berdesis yang sangat kuat.

“Suaranya berdesis seperti mercon yang basi. Bunyinya kuat sekali dan saat jatuh di lapangan, benda yang diduga bom tersebut mengeluarkan banyak asap namun benda itu tidak meledak seperti yang terjadi di rumah Pak Sobri,” ujarnya.

Terpisah, Kasat Brimob Polda Sumsel, Kombes Pol Arif Budiman membenarkan adanya temuan dua benda tersebut. Bahkan anggota Brimob sudah mendatangi lokasi kejadian untuk mengevakuasi kedua benda itu.

“Ya, anggota kita sudah mendatangi lokasi. Namun saya belum menerima hasil dari pemeriksaan benda tersebut, sebab saat ini masih dalam penyelidikan,” pungkasnya. (ded)

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Oknum PNS di Lahat dan Penjaga Malam Tertangkap Kasus Narkoba

Lahat, KoranSN Aparat kepolisian Sat Res Narkoba Polres Lahat, Selasa (12/12/2017) pukul 20.00 WIB menangkap ...

error: Content is protected !!