Home / Nasional / Beni Komitmen Cegah Karhutla dan Sukseskan Asian Games 2018

Beni Komitmen Cegah Karhutla dan Sukseskan Asian Games 2018

Wabup Muba, Beni Hernedi berfoto bersama usai mengikuti Rakornas Penanganan Karhutla. (foto-ist)

Jakarta, KoranSN

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, memimpin Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanganan Karhutla yang dihadiri Gubernur, Bupati/Walikota, Pangdam, Kapolda, Kepala Dinas Kehutanan provinsi diwilayah rawan Karhutlah se-Indonesia, di Istana Negara Republik Indonesia, Selasa (6/2/2018).

Disela Rakornas Wabup Muba Beni Hernedi yang hadir pada acara tersebut mengatakan, Pemkab Muba terus berkomitmen dalam pencegahan dan penanganan karhutlah, serta siap mensukseskan event internasional Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.

“Untuk di Muba tahun ini kita harus lebih semangat lagi, jangan sampai ada asap akibat karhutlah. Kita akan terus bersinergi dengan instansi terkait dan tolong kerjasamanya dari semua pihak,” kata Wabup.

Sementara Presiden Joko Widodo menghimbau agar seluruh jajaran pemerintah dan instansi terkait harus lebih meningkatkan lagi penanganan serta pencegahan karhutlah, mengingat pada bulan Agustus 2018 mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah pegelaran pesta olahraga Negara Asia, atau Asian Games 2018, di Jakarta dan Palembang.

Baca Juga :   2 Crane Roboh, Girder LRT Timpa Rumah dan Ruko Warga

“Ini perlu saya ingatkan lagi, jangan sampai saat perhelatan itu ada asap, ada kebakaran lahan dan hutan, sehingga mengganggu image, juga mungkin bisa mengganggu penerbangan,” tegas Presiden.

Oleh karena itu, Presiden mengingatkan semua pihak terkait harus bekerja keras agar perhelatan Asian Games ini dapat berjalan dengan lancar tanpa terganggu dengan masalah kebakaran hutan dan lahan, serta deteksi dini harus terus dilakukan.

“Kesiapan ketersediaan SDM dan peralatan harus terus dicek, diperhatikan, termasuk dalam pengaktifan satgas. Satgas ini sangat penting sekali, di tingkat provinsi, di tingkat kabupaten/kota, kecamatan, dan desa,” tutur Presiden.

Ia meminta para Gubernur agar memastikan para pengelola lahan atau kawasan atas kewajiban menjaga wilayah kerjanya masing-masing dengan penuh, menyiapkan sarana dan prasarana, personil yang memadai. “Ini dicek lapangan, libatkan masyarakat dalam tindakan-tindakan pencegahan. Sekali lagi, pencegahan lebih penting,” pintanya.

Baca Juga :   Ahok Menolak Bebas Bersyarat

Kemudian penegakan hukum terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan, menurut Presiden, harus dilakukan secara tegas, tanpa pandang bulu, baik secara perdata maupun pidana.

Presiden juga mengingatkan mengenai prakiraan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa kemungkinan terjadi penurunan curah hujan mulai bulan Juni. Ia minta agar hal ini betul-betul menjadi catatan.

Turut menghadiri rapat tersebut, Dandim 0401 Muba Letkol CZI Mulyadi, Kapolres Muba AKBP Rahmat Hakim SIK, Kepala Dinas Perkebunan Muba Drs Iskandar Syahrianto SSTP MH. (tri/rel)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Tim Wasev Mabes TNI AD Tinjau Lokasi TMMD ke104 Kodim 0427/Way Kanan

Way Kanan, KoranSN Selain untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah, Program TNI ...