Bergelut dengan Polisi, Spesialis Pencuri Truk Lintas Kabupaten Dilumpuhkan

diamankan-tersangka-samsul-bahri-alias-zul-mengenakan-baju-tahanan-warna-kuning-saat-diamankan-di-polsek-sukarami-edit2
FOTO-DEDY/KORANSN. DIAMANKAN-Tersangka Samsul Bahri alias Zul(mengenakan baju tahanan warna kuning) saat diamankan di Polsek Sukarami.

Palembang,KoranSN
Samsul Bahri alias Zul (35), spesialis pencuri mobil truk lintas kabupaten, Selasa (4/10/2016) bergelut dengan aparat kepolisian dari Sat Reskrim Polsek Sukarami yang hendak menangkapnya.Tersangka yang tercatat sebagai warga Dusun III RT 001 Kelurahan Tempirai Kecamatan Panukal Kabupaten PALI ini melakukan perlawanan menggunakan sebilah senjata tajam jenis parang serta kunci roda truk. Akibatnya, tersangka terpaksa dilumpukan polisi dengan sebutir timah panas bersarang di kaki kanannya.

Kapolsek Sukarami Kompol Achmad Akbar mengatakan, tersangka Samsul Bahri alias Zul ditangkap di kawasan Pulau Gadung Kecamatan Sukarami saat tersangka bersama ‘HR’ dan ‘BR’ (DPO) sedang membawa satu unit truk yang telah dicuri tersangka, Kamis dini hari (29/9/2016) pukul 02.30 WIB di kawasan Talang Kelapa.

“Saat dilakukan penyergapan, anggota saya bergelut dengan tersangka Samsul Bahri alias Zul ini. Sebab, dari lima anggota yang melakukan penangkapan, tiga anggota mengejar tersangka ‘HR’ dan ‘BR’ yang lari hingga keduanya berhasil kabur. Sementara dua anggota polisi lainnya, berusaha menangkap tersangka Samsul Bahri alias Zul yang saat akan ditangkap melakukan perlawanan dengan memegang senjata tajam jenis parang dan kunci roda di tangannya. Karena melakukan perlawanan, anggota memberikan tindakan tegas dengan melumpuhkan kaki kanan tersangka,” kata Kapolsek.

Baca Juga :   Sandera Pelayan Warung Makan di Sungai Lumpur OKI, Pelaku Dimassa

Bukan hanya itu, lanjut Kapolsek, setelah dilumpuhkan
tersangka juga sempat melemparkan senjata tajam jenis parang ke arah anggota. Beruntung anggota kepolisian berhasil menghindar sehingga tidak ada anggota yang terluka dalam penangkapan tersebut.

“Tersangka ini merupakan spesialis pencuri truk lintas kabupaten. Bahkan tersangka Samsul Bahri alias Zul ini juga merupakan buronan Polres Lahat dan Polres Muara Enim dalam kasus yang sama,” ujarnya.
Masih dikatakan Kapolsek, dalam aksi pencurian truk tersebut dilakukan tersangka dengan merusak pintu depan truk, lalu tersangka masuk ke dalam truk kemudian merusak kunci kontak truk hingga mesin mobil truk hidup.

“Setelah truk itu hidup, tersangka dan dua rekannya meninggalkan lokasi dengan membawa truk yang kemudian truk disembunyikan tersangka di semak belukar yang berada di kawasan Talang Kelapa. Korban yang mengetahui truknya telah dicuri, kemudian melapor ke Polsek Sukarami hingga kita melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil menangkap tersangka Samsul Bahri alias Zul disaat tersangka sedang membawa truk tersebut,” terangnya.

Lebih jauh Kapolsek mengungkapkan, kini tersangka dan barang bukti berupa satu unit truk telah diamankan di Mapolsek Sukrami. Pihaknya saat ini juga masih melakukan pengembangan untuk mengejar dua tersangka lainnya yang masih buron.

Baca Juga :   Diduga Terlibat Teroris, 12 Warga Sumsel Ditangkap Densus 88 Polri

“Untuk mempertangungjawabkan perbuatannya maka tersangka Samsul Bahri alias Zul dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian,” tutup Kapolsek.Sementara tersangka Samsul Bahri alias Zul mengungkapkan, saat melakukan pencurian truk dirinya hanya berperan mengamati situasi di sekitaran lokasi. Sementara dua rekannya ‘HR’ dan ‘BR’ berperan merusak kunci pintu dan kunci kontak truk.

“Ketika itu sopir truknya sedang tidak ada di lokasi sehingga kami leluasa melakukan aksi pencurian. Saat ditangkap, ‘HR’ dan ‘BR’ mengajak untuk menjualkan truk tapi saya tidak tahu mau dijual dengan siapa. Disaat dalam perjalanan kami diserap polisi hingga sayapun tertangkap sedangkan dua rekan saya berhasil kabur,” ungkapnya seraya menambahkan jika tahun 2014 lalu dirinya juga pernah tertangkap Polres Muara Enim dan dipenjara 1 tahun, karena mencuri mobil jenis pik up. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Ketua KPK Prihatin 26 dari 34 Provinsi Terjadi Kasus Korupsi

Jakarta, KoranSN Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengaku prihatin karena 26 dari 34 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.